KABAR BIREUEN – Guna meningkatkan pelayanan publik, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen me-launching aplikasi Sistem Informasi Administrasi Surat (SIAS) di Aula Kantor KIP setempat, Selasa (5/11/2019).

Ketua KIP Kabupaten Bireuen, Agusni, SP, M.Si di sela sela kegiatan tersebut mengatakan, dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan dalam hal pelayanan kepada publik dan juga dalam hal administrasi surat-menyurat di internal KIP.

“Karena aplikasi dibuat secara online, di mana pun saya berada, dapat mengetahui surat-surat masuk ke KIP. Sehingga, dapat langsung mendisposisi surat dimaksud, meski kita tidak berada di kantor,” ucap Agusni didampingi Sekretaris, Saifuddin SH serta seluruh staf KIP Bireuen.

Dengan aplikasi SIAS ini, kata dia, bisa memudahkan mencari atau mendokumentasi surat masuk maupun surat keluar. Sebab, disimpan secara digital.

“Bila surat-surat itu dibutuhkan lagi, maka mudah kita mencarinya. Tidak perlu lagi kita membolak-balikkan arsip surat, seperti selama ini,” jelas Agusni.

Menurut Agusni, aplikasi tersebut merupakan bentuk pelayanan publik secara digital. Ini dalam rangka menyesuaikan penyelenggaraan pelayanan menghadapi era revolusi industri 4.0 saat ini.

“Maka dengan meluncurkan aplikasi SIAS ini, dapat mewujudkan pelayanan yang transparan, meningkatkan akuntabilitas dari proses pemerintah serta memudahkan alur informasi internal KIP Kabupaten Bireuen,” sebut dia.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris KIP Bireuen, Saifuddin, SH. Dia menyebutkan, dengan adanya aplikasi SIAS tersebut, sangat memudahkan mengontrol surat masuk dan juga surat keluar serta kearsipan kantor.

“Pokoknya dengan adanya aplikasi SIAS ini, sangat membantu tugas kami,” ucap Saifuddin.

Lebih lanjut Saifuddin menjelaskan, ini merupakan sebuah terobosan yang patut diapresiasi kepada Kasubbag Umum, Keuangan dan Logistik, Mursal Ridha, SE yang menciptakan aplikasi ini bersama Tim IT Sekretariat KIP Bireuen. (Suryadi)

BAGIKAN