KABAR BIREUEN – Kegiatan Sekolah Ramadan Gembira Aneuk Mesjid (Serabi Mesjid) yang digelar Pemerintah Gampong (Desa) Mesjid, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen berakhir, Sabtu (8/5/2021)

Kegiatan itu berlangsung di halaman Meunasah Gampong Mesjid selama 20 hari.

Camat Peudada, Drs. Zamzami, ketika menutup kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Gampong Mesjid.

Sebut Camat Zamzami, kegiatan yang dilaksanakan oleh Gampong Mesjid merupakan salah satu inovasi pendidikan di masa Pandemi Covid-19.

“Program ini patut diapresiasi dan dapat menjadi contoh bagi gampong lain dalam memanfaatkan Dana Desa (DD) yang mendukung bidang pendidikan,” sebutnya.

Zamzami berharap, ke depan harus banyak lahir generasi penghafal Alquran di Gampong Mesjid.

“Tahun depan akan bertambah hafidz Quran di Gampong Mesjid ini,” harapnya.

Pada penutupan kegiatan Serabi Mesjid itu diserahkan Beasiswa kepada 45 siswa miskin dan berprestasi. Seterusnya dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dan dilanjutkan dengan tausiah singkat yang disampaikan Tgk. Sunardi dari Dayah Meunasah Krueng Peudada.

Keuchik Gampong (Kades) Mesjid, Syarifuddin, menyebutkan, program Serabi Mesjid adalah strategi untuk dijadikan sebagai pembinaan melalui upaya pendekatan kepada Al-Quran.

Kata Keuchik Syarifuddin, peserta Serabi Mesjid, warga Gampong Mesjid usia Sekolah, mulai dari TK, SD sampai SMP yang fokus menghafal Alquran.

“Peserta juga dibekali dengan pembelajaran lainnya seperti akhlak, fiqh, sirah maupun menghafal hadis,” katanya.

Syarifuddin menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selama 20 hari di bulan Ramadan tahun ini, para peserta juga diajarkan tentang pentingnya berbagi kepada anak yatim, melalui program berbagi ceria Ramadan setiap Senin – Kamis.

“Pada program ini, anak- anak menerima takjil dari warga dan perangkat gampong,” sebutnya.

Sedangkan kepada 45 anak fakir miskin dan siswa berprestasi, disebutkan Keuchik Syarifuddin, juga mendapatkan beasiswa yang dianggarkan dalam APBG Tahun 2021.

Syarifuddin juga menjelaskan, kegiatan Serabi Mesjid dilaksanakan untuk menindaklanjuti instruksi Pemerintah Kabupaten Bireuen sebagaimana tertuang dalam Perbup Tahun 2021.

“Ini program sejalan dengan instruksi Bupati Bireuen dalam hal peningkatan kualitas pelaksanaan Syariat Islam di gampong melalui gerakan satu gampong satu hafidz Al-Quran. Kegiatan ini kami harapkan akan mencetak penghafal Alquran di Gampong Mesjid khususnya,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut, Anggota DPRK Bireuen dari Partai Amanat Nasional (PAN), Surya Yunus, Danramil Peudada dan sejumlah tokoh masyarakat. (Rizanur)