KABAR BIREUEN-Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu ke-12, Panwaslih Kabupaten Bireuen menggelar serangkaian acara, diantaranya pelaksanaan donor darah bekerjasama dengan unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr.Fauziah Bireuen, Selasa (7/4/2020).

Sebanyak 18 orang pengawas Pemilu, mulai dari Ketua dan Anggota Panwaslih Kabupaten Bireuen, Koordinator sekretariat, serta belasan staf PNS maupun non PNS, ikut memeriksakan kesehatan sebelum dinyatakan sehat jasmani untuk melakukan donor darah.

Kendati beberapa diantaranya tidak bisa berpartisipasi aktif karena kondisi kesehatan, namun tidak mengurangi antusias pengawas pemilu di Panwaslih Kabupaten Bireuen hadir menyemarakkan acara donasi tersebut.

Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E, mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan dalam memperingati HUT Bawaslu RI yang ke 12, sekaligus HUT Panwaslih Aceh ketujuh, dan jelang HUT Panwaslih Kabupaten/Kota yang kedua.

Dijatakannya,  di tengah kondisi mewabahnya Covid 19, Panwaslih Kabupaten Bireuen berupaya hadir untuk masyarakat dengan kegiatan – kegiatan kemanusiaan.

Memperingati hari ulang tahun, sebutnya, adalah sebagai bentuk dan ungkapan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas keberadaaan lembaga pengawas Pemilu yang telah 12 tahun bersama rakyat berkiprah dan berkontribusi besar dalam mengawal, mengawasi dan mewujudkan keadilan demokrasi di tanah air khususya di Kabupaten Bireuen.

Sehingga pada hari ulang tahun ini, pihaknya melakukan aksi kemanusian dengan kegiatan donor darah sebagai wujud syukur  kepada Allah SWT atas anugerah nikmat sehat.

“Ini cara kita berbagi nikmat sehat kepada saudara kita yang membutuhkan dan juga untuk mengatasi kelangkaan stok kebutuhan darah di UTD RSU dr. Fauziah Bireuen ditengah – tengah badai Pandemi Covid-19 melanda daerah kita, dan insyaallah donor darah akan kita lakukan secara rutin oleh Panwaslih Bireuen dengan bekerja sama dengan UTD RSU. dr. Fauziah Bireuen,” jelasnya.

Selain itu, katanya, pihaknya juga melakukan doa dan pengajian bersama di kantor dan aksi bakti sosial lainnnya seperti pembagian alat kesehatan berupa masker serta sembako kepada masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor Panwaslih Bireuen.

Hal Senada disampaikan Kepala UTD RSU dr.Fauziah Bireuen, Wardati, yang menyambut baik perihal kerjasama rutin yang dibangun oleh jajaran Panwaslih Kabupaten Bireuen.

Dia mengaku, selama munculnya wabah corona ini, pihaknya kewalahan untuk menjaga stok darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dibireuen hal ini juga tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda.

“Padahal dalam kondisi seperti ini kebutuhan tetap sama bahkan semakin bertambah. Kita berharap lembaga – lembaga lainnya khusus di Kabupaten Bireuen, juga berinisiatif melakukan kegiatan seperti ini, insya Allah kami siap memfasilitasinya,” tandas Wardati. (Ihkwati)

BAGIKAN