KABARBIREUEN – Sebanyak 80 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) peserta Pelatihan Dasar (Latsar) mengheningkan cipta untuk para pahlawan revolusi pada pembukaan Latsar yang digelar Pemkab Bireuen di Aula Hotel Fajar, Senin (30/9/2019).

Mengheningkan cipta dipandu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bireuen Mawardi SSTP M.Si yang mewakili Bupati Bireuen membuka Latsar Formasi Umum 2018 Golongan III Angkatan V dan VI tersebut.

Hening cipta dalam rangka mengenang pahlawan revolusi yang menajdi korban Gerakan 30 September selama beberapa menit sebelum itu dilakukan dan diikuti dengan khitmad para calon PNS serta sejumlah pejabat dan undangan lainnya.

Sebelumnya ketua panitia Latsar Zulkifli AB yang juga Kabid Pengembangan Kompetensi Aparatur pada BKPSDM Kabupaten Bireuen mengatakan Latsar bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian PNS.

“Untuk mengetahui kedudukan dan peran PNS dalam nilai kebangsaan dalam bingkai NKRI. Meningkatkan sikap dan semangat pengayoman serta memiliki etika yang mulia sebagai abdi negara,” ucap Zulkifli.

Para peserta Latsar terdiri dari tenaga kesehatan, pendidikan dan administrasi akan mengikuti Latsar selama 51 hari dimulai 30 September 2019. Para pemateri Widyawaswara dari BKPSDM Aceh, BKPSDM Kabupaten Bireuen dan narasumber kompeten lainnya.

Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos melalui Kepala BKPSDM Kabupaten Bireuen Mawardi SSTP MSi mengatakan PNS memiliki peranan penting salam pelaksanaan tugas dan kelancaran organisasi pemerintahan.

“Hendaknya PNS menjadi teladan dan memiliki etika selain memiliki tanggungjawab dalam pelaksanaan tugas dengan baik sesuai aturan perundangan serta bijak dalam bersikap dan penuh pertimbanan dalam semua hal,” ucap Mawardi. (Desta Fauziana)

BAGIKAN