KABAR BIREUEN – Sebanyak 60 mahasiswa dari dua universitas yaitu Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen dan Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, melakukan komunikasi melalui zoom call dalam rangka melaksanakan silaturahmi antar mahasiswa di dunia.

Acara silaturahmi bertajuk Peugah Haba Ngon Aneuk Jeupang tersebut difasilitasi Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Almuslim.

Acara silaturahmi Peugah Haba Ngon Aneuk Jeupang ini dibuka Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan Hamid, MPd. Dia mengapresiasi program silaturahmi yang digagas secara online ini.

Harapannya, kerjasama yang telah terbangun selama ini, dapat berkesinambungan dan terus ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

Kabag Humas Umuslim, Zulkifli, M.Kom kepada Kabar Bireuen, Rabu (18/11/2020), menyebutkan, acara ini diikuti 30 mahasiswa dari Universitas Almuslim dan 30 dari Universitas Nagoya Gakuin University Jepang. Selain itu, juga diikuti sejumlah dosen dari kedua universitas.

Sementara itu, Plt Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Almuslim T. Cut Mahmud Aziz, S.Fil., MA, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian terjalinnya kerjasama antar dua universitas yang telah berjalan beberapa tahun ini.

“Jadi karena pandemi Covid-19, kita tidak bisa melakukan pertukaran dengan mengirimkan mahasiswa untuk kuliah secara langsung, seperti yang sudah berlangsung beberapa angkatan. Makanya, kita lakukan komunikasi melalui internet,” jelas pria yang akrab disapa Pon Cut ini.

Selain itu, dari perwakilan NGU Jepang, Saeki Natsuko, turut menyampaikan melalui zoom, sebenarnya tahun ini ada tiga mahasiswa dari Jepang yang akan belajar di Umuslim, begitu juga sebaliknya. Tapi, karena kondisi Covid-19, maka ditunda dan akan diprogramkan kembali tahun depan.

Acara tersebut berlangsung penuh kekeluargaan dan kebersamaan. Peserta saling bertukar pikiran untuk saling belajar bahasa dan budaya masing-masing. Mereka bercerita dalam group kecil yang dipandu Ratna Walis (staf KUI) dan Muzakir serta dibantu beberapa mahasiswa Umuslim yang pernah kuliah di Jepang.

Saat zoom call ini mereka banyak bercerita sambil berpromosi tentang potensi dan keunikan yang ada di daerah masing-masing. Seperti makanan, wisata, pakaian tradisionil, hobi dan lainya yang disukai mereka. (Ihkwati)

BAGIKAN