KABAR BIREUEN – Rasa sedih bercampur bahagia. Kata itulah yang pas untuk menggambarkan suasana dalam acara wisuda dan penglepasan 302 peserta didik SMA Negeri 1 Bireuen.

Kegiatan yang digelar Keluarga Besar OSIS SMAN 1 Bireuen ini, dipusatkan di halaman sekolah setempat, Kamis (27/4/2017). Kegiatan itu, berlangsung tertib dan lancar serta penuh  keceriaan walau menyisakan kesedihan.

“Tidak terasa tiga tahun telah berlalu, dari awal masuk dan menuntut ilmu di sekolah ini hingga hari ini diwisuda,” sebut Kepala SMAN 1 Bireuen, Hamdani, S.Pd, M.Pd.

Namun demikian, kata dia, semuanya harus berakhir sampai di sini. Itu merupakan salah satu kewajiban pihaknya melepas para wisudawan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-cita.

“Meski kami sangat  berat rasanya melepas kalian. Kalian adalah anak-anak yang baik. Kebersamaan kalian membuat sekolah kita menjadi kuat dan berprestasi dalam membangun nama baik sekolah yang kita cintai ini,” ujar Hamdani.

Hamdani menyadari, banyak hal yang belum sempat diberikan pihaknya kepada para siswa selama ini. Namun, dengan ilmu yang telah diajarkan di sekolah ini, bisa menjadi bekal bagi para siswa untuk kehidupan dan depan nanti.

“Ingat, tidak semua orang sukses dilihat dari riwayat pendidikannya. Semua orang bisa sukses asalkan orang tersebut berusaha secara sungguh-sungguh,” jelasnya.

Hamdani berpesan, meskipun para siswa sudah tidak bersekolah di sini lagi. Jagalah nama baik sekolah kita di manapun kalian menginjakkan kaki. Jangan rusak nama sekolah dengan hal-hal yang tidak baik.

Bersamaan dengan acara penglepasan ini, Hamdani menyerahkan kembali para siswa yang sudah tamat itu kepada para orang tua/wali siswa masing-masing.

“Kami sudah berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik. Kami mohon maaf jika selama ini ada yang kurang berkenan di hati para orang tua dan juga kepada para siswa,” pintanya.

Sementara Kadisdikpora Bireuen yang diwakili Kabid Pembinaan SMP, Drs. Teuku Sukri, M.Pd dalam inti harahannya mengatakan, kepada orang tua siswa supaya selalu mendampingi putra putrinya dalam menempuh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi.

“Sehingga dengan adanya hubungan baik antara orang tua dan anak, akan bisa menciptakan kenyamanan dan ketenangan dalam menempuh pendidikan. Hal ini akan mendorong anak untuk tetap berprestasi,” ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Komite Sekolah, seluruh siswa-siswi,  para orangtua/wali murid siswa Kelas XII dan undangan lainnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN