KABAR BIREUEN-Panwaslih Provinsi Aceh dan Panwaslih Kabupaten Bireuen menandatangani MoU dengan Universitas Almuslim Bireuen terkait pengawasan partisipatif, berlangsung di Aula MA Jangka, Kamis (7/10/ 2021).

Pengawasan partisipatif tidak hanya melibatkan penyelenggara pemilu, namun juga kalangan universitas.

Acara penandatanganan dihadiri Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Provinsi Aceh, Marini, Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E dan Rektor Universitas Almuslim, Dr Marwan.

Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E, dalam sambutannya mengatakan, pengawasan partisipatif ini sebenarnya terbilang sederhana, namun tanpa kesadaran dari masyarakat tentunya mustahil terwujud.

“Kesadaran di sini adalah peran masyarakat untuk melaporkan saja apabila mengetahui terjadinya pelanggaran pemilu kepada bawaslu, nanti pengawas yang akan menindak lanjuti,” tegas Wildan.

Dikatakan Wildan, peran masyarakat dalam hal ini juga mahasiswa urgen pada menghadapi pemilu dan pemilihan yang dijadwalkan secara serentak pada 2024 mendatang.

“Ini yang pertama di Indonesia. Tentunya membutuhkan peran besar tidak hanya bagi penyelenggara, namun juga masyarakat serta mahasiswa,” tambahnya.

Wildan menyebut untuk Kabupaten Bireuen pada pemilu legislatif tahun 2019 lalu, jumlah calon anggota legislatif hampir mencapai 600 orang untuk memperebutkan hanya 40 kursi.

Sementara itu Rektor Universitas Almuslim, Dr Marwan,  menyambut baik penandatanganan MoU serta MoA yang baru saja dilakukan.

Dia berharap, realisasi dari kesepakatan yang telah tertuang agar dapat dijalankan.

“Ini MoU kesekian kalinya yang kami lakukan, bahkan untuk universitas di Aceh, Almuslim menduduki peringkat pertama universitas yang paling banyak menandatangani MoU,” jelasnya.

Disebutkan Marwan, pihaknya bukan hanya mengejar jumlah, namun realisasi dari butir isi MoU dilakukan.

Adapun kegiatan penandatanganan MoU antara Panwaslih dan Universitas Almuslim, dirangkai dengan sosialisasi pengawasan partisipatif yang mengundang puluhan mahasiswa, serta alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Kabupaten Bireuen. (Herman Suesilo).