KABAR BIREUEN-Sebanyak 99 Peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diselenggarakan oleh masyarakat Gampong Krung Simpo Kecamatan Juli, Bireuen, Jumat malam (1/6/2018).

Musabaqah tersebut berlangsungĀ  1- 7 Juni 2018 di halaman meunasah gampong setempat, dengan cabang yang diperlombakan tilawah Quran, Hafizh Alquran dan Pidato.

Keuchik Gampong Krueng Simpo, Safrizal Sulaiman, S.Pd mengatakan momen perhelatan hajatan keagamaan ini diharapkan dapat membumikan generasi qurani dengan memiliki kemampuan dasar Alquran.

Safrizal mengapresiasi keikut sertaan Gampong Buket Mulia dan Alue Rambong dalam MTQ Gampong Krueng Simpo,

“Kegiatan ini dilakukan setiap tahun dalam bulan ramdhan dan juga bertepatan dengan malam nuzulul quran, dan untuk meningkatkan minat baca quran, dan bagi yang juara akan di kirim ke tingat kecamatan,” katanya.

Adapun fokus penilaian dari perlombaan Tilawah Quran dan Hafizh Alquran antara lain adab, pakaian, kakhrajul huruf, tajwid, suara, dan irama.

Sedangkan untuk pidato yg dinilai kepasehan bahasa, kesesuaian isi dengan judul, mimik gerak, intonasi suara, adab/pakaian dan ketetapan waktu. (Farid Maulana)