KABAR BIREUEN-Komunitas teater Rangkang Sastra berhasil membawa pulang piala Juara 1 Stan Terbaik Gampong Teater Aceh 2019 yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh bekerjasama dengan Seuramoe Teater Aceh (STA).

Kegiatan yang berlangsung 4-6 November 2019 itu dibuka Kepala UPTD Taman Budaya Aceh dan ditutup oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Ketua Rangkang Sastra Bireuen, Andri Kurniawan kepada Kabar Bireuen, Kamis (7/11/2019) menyebutkan, kehadiran mereka di acara tersebut berbekal bantuan bus dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen dan sokongan dana dari Ketua DKA Bireuen, H Mukhlis A.Md.

Selain itu, juga ada bantuan dari beberapa anggota DPRA Aceh dan DPRK Bireuen, diantaranya Dr. Purnama, Suhaimi Hamid dan Aida Fitria dan juga sponsor dari Mukhlis Aminullah, DK Banson dan Juang Contruction.

“Ditambah bantuan pengurus dengan ‘meuripe-ripe’, Alhamdulillah kami bisa berangkat dalam kegiatan Gampong Teater Aceh jilid 2 ini setelah periode sebelumnya kami absen sebagai peserta karena terkendala dana,” ujar Andri Kurniawan .

Atas nama Rangka Sastra Bireuen, pihaknya sangat berterima kasih atas seluruh bantuan yang diberikan hingga bisa mewakili Bireuen mengikuti acara bergensi tersebut.

Sementara itu, Novianti MR yang merupakan pendiri Rangkang Sastra Bireuen mengapresiasi kinerja seluruh tim yang berangkat dengan total 18 orang tersebut.

“Kami mengusung tema “The Lost Art” yakni etika berkesenian yang berorientasi oleh Kanot Bu dan bermuara untuk isi perut. Alhamdulillah ternyata tema ini mampu membawa kami ke podium juara,” ungkapnya.

Insyaallah, sebutnya, pada Desember nanti Rangkang Sastra Bireuen yang telah berdiri sejak  2012 akan menjadi tuan rumah Arisan Teater Aceh yang merupakan ajang bergengsi seniman teater untuk memilih ketua baru di Seuramoe Teater Aceh (STA).

“Kami terus melakukan pembenahan dan persiapan dan memohon bantuan kepada seluruh pihak dan stake holder yang mendukung perkembangan dunia teater di Bireuen dan Aceh agar acara ini terlaksana dengan lancar,” harapnya. (Ihkwati)

 

 

 

BAGIKAN