KABAR BIREUEN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen menggelar Rapat Pkeno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Data Pemilih Non KTP Elektronik di Aula Kantor KIP Bireuen di Paya Lipah, Kecamatan Peusangan, Bireuen, Minggu (17/6/2018).

Dalam pleno tersebut, DPS untuk pemilu 2019 di Kabupaten Bireuen berjumlah 303.333 pemilih. Terdiri 146.787 laki- laki dan 156.546 perempuan.

Diantaranya termasuk 20.156 pemilih yang belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Capil Bireuen.

Ketua KIP Kabupaten Bireuen, Dr. Mukhtaruddin, SH., MH yang memimpin rapat pleno menyampaikan, DPS yang ditetapkan tersebut meningkat sekitar 4.000 pemilih dibanding jumlah DPT pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017.

Dikatakannya, perlu disikapi bahwa masih ada desa di Kabupaten Bireuen yang warganya belum seluruhnya memiliki KTP elektronik.

“Sebab, diantaranya belum melakukan perekaman, sudah merekam KTP belum siap, dan pemilih baru atau pemilih pemula,” ujarnya.

Disebutkan Mukhtaruddin, apabila 20.156 penduduk yang belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan tersebut hingga penetapan DPT maka mereka akan dikeluarkan dari daftar pemilih sementara.

“Bila hingga hari pemungutan suara belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan, maka sesuai dengan aturan undang-undang, warga tersebut tidak dapat memberikan hak pilihnya,” jelasnya.

Menurut Mukhtaruddin, warga yang belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan tersebut tersebar di 572 desa di sejumlah kecamatan. Tanpa KTP elektronik atau surat keterangan maka hak konstitusi seseorang  harus dikesampingkan.

“Masih ada waktu hingga Oktober 2018, kami berharap PPK untuk menyampaikan kepada PPS agar menyampaikan hal ini ke keuchik di desa masing-masing, supaya mengarahkan warganya mengurus KTP elektronik atau surat keterangan,” harapnya.

Rapat pleno tersebut turut dihadiri empat komisioner KIP Kabupaten Bireuen lainnya, pengurus partai politik peserta pemilu 2019, PPK se Kabupaten Bireuen, unsur Pemkab Bireuen serta para undangan lainnya. (Ihkwati)