KABAR BIREUEN-Jajaran KPA/PA dalam Daerah III Wilayah Batee Iliek kembali melakukan konsolidasi dan rapat kerja internal sesama pengurus yang ada dalam Sagoe Alue Kuta, Kecamatan Jangka, Sabtu, 3 April 2021.

Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri oleh 8 Panglima Sagoe dan staf jajaran pengurusnya serta beberapa simpatisan Partai Aceh dari kalangan tokoh masyarakat sipil yang ada dalam Kecamatan Jangka dan Daerah III Batee Iliek.

Panglima Sagoe terpilih yaitu, Tgk Azwani (Magurugui) beserta Arman (Wakil Sagoe), Mirza Bada Timu (Sekretaris) dan Tgk Mukhti sebagai (Keuangan Sagoe) serta M Adam atau yang akrap disapa Nilam menjabat sebagai Pang Cut 1 Tgk Di Beurawang ,
Tgk Mukhtaruddin (Abon) Pangcut 2 Lhok Mesjid , M Husen Ismail menjabat sebagai Pang Cut 3 Blang di Peuranteng dan Munizar Alias Bagdad sebagai Pang Cut 4 di Bale Labang.

Dan Ketua Ule Sagoe, Tgk Hasbi Hasan alias Keuchik Bie, Wakil Ule Sagoe, Tgk Nusyah alias Imum Nusyah.

Semua pengurus tersebut ikut ditepung tawari (peusijuek) oleh Ummi pimpinan Dayah Daruss’adah Aceh Gampong Bugak Mesjid dan dipandu oleh imum Syik Mesjid Bugak, Tgk Yahya.

Acara peresmian tersebut diiringi dengan bacaan salawat oleh semua jajaran KPA/PA dan tokoh masyarakat yang hadir berlangsung dengan penuh khidmat dan keakraban.

Acara tersebut dibuka dengan diawali pembacaan Ummul Quran (Surat Alfatihah) yang kemudian dilanjutkan dengan tepung tawar kepada semua struktur terpilih dan jajaran KPA/PA yang hadir.

Tgk Rusyidi Mukhtar S.Sos alias Ceulangiek yang menjabat sebagai Bendahara DPW PA Kabupaten Bireuen dalam kata sambutannya, mengajak semua KPA/PA yang hadir untuk selalu kompak bersatu dan sama-sama membesarkan perjuangan dan marwah Partai Aceh yang ada dalam Daerah III Wilayah Batee Iliek dalam momentum musyawarah dan kebersamaan hari ini.

Karena, sebut Ceulangiek, Sagoe Alue Kuta merupakan sagoe yang bersejarah lewat sagoe ini lah dulu masa konflik dikirim senjata di Pusong Kuala Ceurape inilah sejarah mencatat dengan jumlah anggota GAM terbanyak yang ada dalam Daerah III Wilayah Batee Iliek sejak  masa konflik silam dengan pasukan Ababil.

“Mari sama- sama kita mulai dari sini dan di tempat inilah kita dulu selalu melakukan musyarawah dan berbuat demi kepentingan nanggroe dan masyarakat banyak. Moment itu harus kita ulang kembali dengan selalu menjaga perdamaian damai serta kekompakan dan sama-sama kita besarkan Partai Aceh yang merupakan partai lokal milik masyarakat Aceh semuanya,” sebut Ceulangiek yang merupakan Ketua DPRK Bireuen.

Dalam agenda kegiatan tersebut juga turut serta menyempurnakan fungsi dan struktur DPS PA Kecamatan Jangka yang dipimpin oleh Tgk Faisal Yunus Alue Kuta, Sekretaris Tgk Azhar Tanoh Anoe, Bendahara oleh Tgk Kasmi (Mantan Keuchik Pante Sukon) dan sejumlah anggota lainnya di bidang masing masing.

Penyempurnaan struktur DPS PA Kecamatan Jangka tersebut bertujuan untuk menyatukan kembali kekuatan masyarakat sipil dan kombatan GAM agar visi dan misi pemenangan dan kerja kerja Partai Aceh kedepan lebih mudah dilakukan pada bidang masing masing pengurus.

Tgk Rusyidi Mukhtar, mengatakan hasil dari pemilihan jajaran dan struktur Panglima Sagoe Alue Kuta tersebut sudah dilakukan dari tahapan dan mekanisme musyawarah semua anggota KPA/PA yang ada dalam Sagoe Alue Kuta Daerah  III Wilayah Batee Iliek pada 27 Februari lalu, sehingga pada hari ini hari Sabtu dilakukan peresmian dengan ditepung tawari (peusijuek).

Pada awal acara tersebut turut disampaikan  sambutan dari Panglima Daerah III yang diwakili oleh Pang Sagoe Pang Rayeuk yaitu Tgk M Yunus (Keuchik Noh), juga menjabat sebagai Keuangan Daerah III Wilayah Batee Iliek.

Dalam sambutannya, Keuchik M Yunus mengajak kepada semua jajaran KPA/PA untuk selalu bersinergi dan saling merangkul untuk menjaga kekompakan.

“Jangan mudah terpancing dengan berbagai isu murahan yang ikut memecah belah kan persatuan kita selama ini. Saya dalam permainan sudah berbuat banyak semenjak menjabat sebagai Keuchik Blang Rambong apapun kondisi dan situasi saat ini tidak pernah menyurutkan langkah saya dalam memenangkan partai lokal Aceh yang kita cintai bersama. Sampai sekarang saya masih tegak berdiri mengikuti instruksi dan arahan pimpinan komando tertinggi kita yaitu Tgk Darwis Jeunieb, begitu juga dengan kawan-kawan semua,”  harapnya.

Tgk Azwani (Magurugui) dalam kata sambutan yang diwakili oleh Tgk Saiful Anak Syuhada Tgk Arahman (Keuchik Pante Peusangan) menceritakan, Sagoe Alue Kuta merupakan Sagoe yang sangat terpengaruh dan sangat kompak dengan adanya pasukan Ababil dalam Sagoe Alue Kuta Daerah III Wilayah Batee Iliek masa konflik.

“Mengingat selama masa politik dan pemilihan gubernur maupun bupati, kita sudah dipecah dengan kepentingan politik yang berbeda. Namun sekarang mari kita kembali lagi kepada semula.Mari sama-sama kita menjaga semangat kekompakan untuk membesar kan partai lokal yang kita cintai ini,”  ajaknya dengan penuh semangat.

Pada akhir acara penutupan dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Tgk Yahya yang merupakan Tgk Imum Chik Bugak terpilih dengan memberikan beberapa tausiah serta nasehat kepada semua jajaran KPA/PA, tokoh masayarakat sipil, para keuchik dan juga Panglima Sagoe lainnya yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah kata-kata penutupan dan doa, semua anggota KPA/PA dan masyarakat sipil bersalaman dan saling memeluk dengan rasa terharu sebagai wujud kekompakan dalam pertemuan dan musyarawah yang berlangsung dengan tertib dan damai.(REL)