KABAR BIREUEN-Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sekolah yang pernah menjadi tempat mereka menuntut ilmu, Ikatan Alumni SMPN 1 Bireuen Aceh, akan membangun mushala baru.

Mushala yang diberi nama Miftahul Jannah, akan dibangun di komplek SMPN 1 Bireuen, dikoordinir oleh para alumni 1991 yang sumber anggarannya berasal dari donasi para alumni beserta para dermawan.

“Anggaran pembangunan Mushala Miftahul Jannah ini, merupakan hasil donasi yang dilakukan oleh segenap alumni SMPN 1 Bireuen, beserta para dermawan non-alumni,” kata Penanggung jawab Pembangunan Mushala Miftahul Jannah, Halim Thomas, kepada Kabar Bireuen, Selasa (15/6/2021) sore, melalui telpon selulernya.

Dengan modal kepercayaan yang diberikan oleh seluruh alumni, dan warga sekolah, akhirnya pembangunan Mushala Miftahul Jannah yang diamanahkan kepada Alumni Angkatan 91 SMPN 1 Bireuen, dapat terealisasi.

“Semoga Mushala yang ramah lingkungan, hemat energi dan mempunyai akses disabilitas, nantinya bisa menjadi kebangaan warga SMPN 1 Bireuen dan dapat dipergunakan untuk kegiatan beribadah,” ujar Halim yang juga sebagai Ketua Alumni Angkatan 91 SMPN 1 Bireuen ini.

Direncanakan peletakan batu pertama pembangunan Mushala ini, dilakukan oleh Bupati Bireuen Dr, H Muzakkar A, Gani, S.H.,M.Si. dalam waktu dekat ini, sebagai pertanda pembangunan Mushala mulai dibangun.

Halim Thomas, mengharapkan, kepada para alumni SMPN 1 Bireuen semua angkatan baik yang berada didalam bahkan di luar negeri untuk memperkuat silaturahmi antar alumni dan bersatu, untuk dapat memberikan karya bagi sekolah guna kepentingan para siswa yang masih mengenyam pendidikan di bangku SMPN 1 Bireuen ini.

“Saya selaku Penanggung jawab Pembangunan Mushala Miftahul Jannah tentunya mengucapkan banyak terima kasih kepada kepada Bupati Bireuen, Sekda Bireuen, Plt Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab. Bireuen. Bidang Aset Daerah BPKD Bireuen,” ucapnya.

Terima kasih juga disampaikan kepada Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen. Kepala SMPN 1 Bireuen. Komite Sekolah. Dewan Guru, para Alumni SMPN 1 Bireuen, seluruh panitia dan pihak yang membantu pembangunan mushala ini.

“Meski melalui proses yang panjang, yang akhirnya keinginan kita semua untuk membangun Mushala sekolah terwujud,” ucap warga Bireuen yang sekarang menetap di Jakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Mushala Miftahul Jannah, Sayuti, menjelaskan, tahapan pertama pekerjaan yaitu melakukan pembongkaran dua bangunan gedung lama, dan pembersihan.

Apa yang  dilakukan ini merupakan amanah yang begitu besar, dimana Alumni 91 SMPN 1 Bireuen dipercayakan sebagai kordinator pembangunan mushala ini oleh para dermawan non-alumni dan para alumni seluruh angkatan.

“Insya Allah, dengan kerja sama seluruh alumni dan semua pihak mushalla baru yang diharap-harapkan warga SMPN 1 Bireuen selama ini, akan terwujud,” ujar Alumni Angkatan 91 ini.

Menurut Sayuti, membangun mushalla adalah kewajiban sebagai umat Muslim, dan ini adalah bagian tanggung jawab  dalam menyiapkan tempat ibadah buat warga SMPN 1 Bireuen.

Ditempat terpisah, Kepala SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun, S.Pd.,MSM kepada Kabar Bireuen mengatakan, pembangunan Mushala Miftahul Jannah SMPN 1 Bireuen ini merupakan ide dan gagasan segenap Alumni dan pihak sekolah.

“Atasnama warga SMPM 1 Bireuen, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, Alumni semua angkatan, dan para Alumni 1991 khususnya, yang menjadi motor pengerak membangun mushala baru di sekolah,  yang sudah lama kita dambakan,” kata Kepala SMPN 1 Bireuen ini. (Herman Suesilo).