sampah dibuang ke saluran desa Geudong-Geudong, Bireuen, tebar aroma busuk

KABAR BIREUEN – Rusli Ibrahim warga Dusun Sagoe Desa Geudong-Geudong, Kota Juang, Bireuen, benar-benar kesal, pasalnya, tumpukan sampah di dalam saluran pembuang yang berada persis di samping dinding rumahnya setiap hari menebar bau tak sedap.

Selain keluarga Rusli Ibrahim, warga di sekitar saluran pembuang tersebut juga merasa tidak nyaman akibat bau sampah yang sangat menusuk hidung. Rusli menuturkan, meski hampir setiap hari memungut sampah dalam saluran tersebut. Tapi sampah tak pernah berkurang, bahkan bertambah, akibat ulah tangan tak bertanggung jawab.

“Kami setiap hari, bahkan setiap saat mencium bau sampah yang menumpuk dalam saluran samping timur rumah kami, sudah kami bersihkan, sampah datang lagi,” kata Rusli Ibrahim yang juga pimpinan balai pengajian Nuruttaqwa di desa tersebut, kepada Kabar Bireuen, Sabtu (23/6/2018).

Saluran pembuang memanjang dari selatan ke utara berada tepat di sisi timur dinding rumah Rusli Ibrahim. Botol air mineral, pampers bayi, kotak tisu, kantong plastik serta aneka sampah lainnya nyaris memenuhi saluran, lalat dan ulat juga menari-nari dipermukaan air. Jika airnya banyak kemungkinan sampah sampah ini melaju ke utara.

“Beberapa bulan lalu sudah ada rapat bersama pimpinan desa, serta tokoh masyarakat agar warga tidak lagi yang buang sampah ke dalam got atau saluran, tapi nyatanya sekarang masih ada juga orang yang buang sampah ke saluran,” katanya. (Najib Zakaria)

BAGIKAN