KABAR BIREUEN-Upaya Pemerintah Gampong Baro, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, dalam menekan laju Covid-19 melalui program vaksinasi mendapat dukungan penuh dari masyarakat gampong setempat.

Warga terlihat sangat antusias dalam mengikuti program vaksinasi tahap ketiga yang digelar di Kantor Keuchik gampong setempat, Rabu, (19/1/2022).

Disela-sela kegiatan, Keuchik Gampong Baro, Zulfaizal Saleh, S.E., M.Kes, mengatakan, melihat dari jumlah peserta yang hadir, antusiasme warganya mengikuti vaksinasi cukup tinggi.

Meski ada beberapa peserta yang tidak bisa divaksin karena dalam kondisi tidak sehat dan riwayat penyakit lainnya, setelah diperiksa oleh tim medis dari UPTD Puskesmas Kota Juang.

“Pelaksanaan vaksin ketiga ini kita melayani peserta untuk dosis pertama dan kedua, dengan sasaran peserta dari kalangan remaja hingga lansia,” sebutnya.

Menurut Zulfaizal Saleh, hingga tahap kedua warganya yang sudah di vaksin mencapai angka 70,01 persen dari total 865 warga sasaran.

Persentase tersebut akan meningkat lagi, dengan adanya kegiatan vaksinasi tahap ketiga yang kita gelar hari ini.

Untuk mendukung program vaksinasi COVID-19, berbagai cara dilakukan pemerintah gampong untuk mensosialisasikan program vaksin terhadap warga.

Diantaranya dengan door to door (dari pintu ke pintu). Sosialisasi secara door to door paling efektif untuk memberikan edukasi pada warga dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah banyak warga kita yang sudah mengetahui betapa pentingnya vaksinasi untuk daya tahan tubuh (imunitas),” ujar Zulfaizal Saleh.

Keuchik Gampong Baro ini tak lupa mengucapkan terima kasih kepada UPTD Puskesmas Kota Juang, unsur TNI/Polri, BIN, Perangkat Gampong, unsur Lembaga Gampong, warga Gampong Baro dan semua pihak terkait atas dukungan pada kegiatan pelaksanaan vaksinasi ini. (Herman Soesilo).