KABAR BIREUEN-Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Kami Peduli Bireuen (KPB) bersama Polres Bireuen dan sejumlah komunitas, Ormas dan OKP serta elemen masyarakat melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Minggu pagi (27/10/2019).

Tampak puluhan orang membersihkan sampah plastik, kayu, kelapa serta beda-beda lainnya di sekitar pantai.

Sampah tersebut kemudian dikumpulkan di sejumlah titik dan kemudian dimasukkan ke karung goni.

Tak hanya orang dewasa, remaja dan anak-anak juga terlibat dalam kegiatan pembersihan sampah tersebut, juga terlihat komunitas warga Tionghoa,  personel Airud serta club scooter juga turut serta pada acara bersih-bersih sampah.

Aksi bersih-bersih pantai tersebut turut didanai oleh Forum Das Krueng Peusangan (FDKP).

Kegiatan bersih pantai itu digagas Kasat Reskrim Polres Bireuen, Iptu Rezky Kholidiansyah.

Ketua Panitia Murni M Nasir pada kesempatan itu menyebutkan, kegiatan yang dilakukan dengan membersihkan sampah di pantai Kuala Raja adalah aksi nyata elemen masyarakat Bireuen untuk terus peduli pada lingkungan.

“Indonesia menempati peringkat kedua di dunia sebagai negara penghadil sampah terbanyak setelah China.Karena itu kita harus peduli dan melakukan aksi nyata mengurangi sampah,” sebut Murni.

Dikatakannya, nantinya akan ada aksi dan kegiata-kegiatan lainnya untuk menjaga lingkungan.

“Sebelumnya, kita kemarin sudah bekerja sama dengan Aceh Green Community  (AGC) dan Forum Das Krueng Peusangan (FDKP) sudah memberikan informasi bagaimana cara menjaga lingkungan. Jadi mulai sekarang ayo kita tak lagi membuang sampah sembarangan,” ajak Murni.

Sementara itu, Wakapolres Bireuen, Kompol Jatmiko SH mengatakan, saat ini dunia dalam darurat sampah plastik.

Kalau tak ada yang perduli, tak jadi pelopor untuk mengurangi sampah plastik, apa jadinya nanti lingkungan.

“Tak hanya bersih-bersih pantai, selanjutnya akan ada aksi bersih-bersih di kota, pusat olahraga, tempat wisata dan lokasi lainnya juga,” sebut Jatmiko.

Dia mengajak semua elemen masyarakat, pemuda -pemudi, tokoh masyarakat untuk peduli lingkungan dan mengurangi sampah plastik.

Koordinator Kami Peduli Bireuen, Bripka Deni Putra SE,MM menyebutkan, aksi  ini dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Tak lupa dia mengucapkan tetima kasih kepada semua pihak yang telah hadur dan menyukseskan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Kuala Raja.

“Terima kasih kepada seluruh instansi terkait, kepada Bapak Wakapolres Bireuen Kompol Jatmiko,SH.MH, kepada Anggota DPD RI H.Fadil Rahmi, Lc, Anggota DPRK Suhaimi Hamid, BNI Bireuen, AGC, Camat Kuala, Mirza, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan dan Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Puskesmas Kuala, Ormas Pemuda Pancasila, KNPI, Personil Kodim 0111/Bireuen, anggota Polres Bireuen, seluruh Komunitas yang ada di Bireuen yang telah berhadir pada acara Bersih-bersih Pantai. Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut,” sebutnya. (Ihkwati)
.
.

BAGIKAN