KABAR BIREUEN- Puluhan peserta yang berasal dari beberapa elemen masyarakat mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak dari limbah lokal yang dilaksanakan Prodi Peternakan Universitas Almuslim (Umuslim) peusangan berlangsung di kampus timur dan Laboratorium MIPA Universitas Almuslim, Rabu (6/11/2019).

Ketua Jurusan Prodi Peternakan Umuslim Dr.Ir.Sitti Zubaidah, S.Pt,S.Ag,MM,IPM menjelaskan, tujuan pelatihan untuk memanfaatkan potensi limbah lokal, mengasah keterampilan peserta dan memberikan kontribusi berbagai ilmu bidang usaha peternakan, sekaligus wujud aplikasi Tri dharma Perguruan Tinggi bagi universitas.

Menurut Sitti Zubaidah dengan pelatihan ini peserta dapat memanfaatkan potensi limbah pertanian, perkebunan dan limbah pasar yang banyak tersedia dilingkungan tempat tinggalnya untuk dijadikan bahan pakan ternak bermutu setelah diproses secara sederhana melalui amoniasi jerami padi, konsentrat, mineral blok dan MOL.

Sehingga bermanfaat dan dapat membantu mengurangi pencemaran dan pengrusakan lingkungan, urai Sitti zubaidah.

Selain itu peserta juga diberikan pelatihan pembuatan pupuk organik menggunakan kotoran ternak, seperti kotoran ayam, kambing dan sapi yang dapat dipakai sebagai nutrisi tanah dan tumbuhan.

Peserta sebanyak 52 orang terdiri siswa SMK, mahasiswa, penyuluh, kelompok ternak dan masyarakat, pemateri pelatihan Rahmat Kartolo, S.Pt, M.Pt, pelaku usaha ternak dan beberapa akademisi yang berkompeten dibidang peternakan.

Sitti Zubaidah juga menjelaskan pihaknya telah merancang jadwal kegiatan beberapa kali pertemuan untuk beberapa angkatan pada beberapa minggu mendatang, tujuannya untuk memberikan keterampilan kepada pelaku peternakan sehingga mampu melakukan perubahan di dunia peternakan.(REL)

 

BAGIKAN