KABAR BIREUEN-Pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Almuslim angkatan I diikuti peserta dari tiga provinsi di Indonesia, yaitu Provinsi Aceh, Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah.
Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd melalui  Kabag Humas  Zulkifli, M.Kom, menyebutkan, PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku lagi sejak tahun 2005.
Menurutnya PPG merupakan program pemerintah sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pendidik/kualifikasi khususnya seorang guru melalui program pendidikan profesi guru.
“Program ini  diatur pada Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru yang dijabarkan pada Pemerdiknas No.8 Tahun 2009 mengenai Pendidikan Guru Pra Jabatan,” jelasnya.
Pengelola PPG umuslim M.Rezeki Muammar,M.Ed menjelaskan, Universitas Almuslim telah ditetapkannya sebagai salah satu perguruan tinggi di provinsi aceh sebagai penyelenggara  sesuai SK Menteri Kemdikbud Nomor 97/M/2021 Tahun 28 Januari 2020.
 “Kita  memiliki Izin penyelenggaraan  PPG untuk 3 bidang studi, yaitu bidang studi matematika, bidang studi biologi dan bidang studi guru kelas SD,” sebut M.Rezeki Muammar.
Angkatan I program  PPG dalam jabatan umuslim baru dibuka khusus untuk bidang studi guru kelas SD, dilaksanakan sebanyak 4 angkatan,  diawali tahap proses lapor diri secara daring  pada di Universitas Almuslim pada 24 dan 25 Maret 2021 melalui laman http://ppg.umuslim.ac.id.
“Perkuliahan PPG dalam Jabatan Tahun 2021 dilaksanakan secara daring selama 58 hari, terdiri atas 13 hari efektif pendalaman materi, 14 hari efektif pengembangan perangkat pembelajaran dan 31 hari efektif praktik pengalaman lapangan,” kata M.Rezeki Muammar,
Tambah M.Rezeki Muammar lagi, akhir perkuliahan, mahasiswa PPG dalam jabatan akan mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG), terdiri atas Ujian Kinerja (UKIN) dan Ujian Pengetahuan (UP), dan Ujian Kinerja (UKIN) dilaksanakan selama 4 hari sedangkan Ujian Pengetahuan (UP) dilaksanakan selama 2 hari.
Pada kesempatan tersebut Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd mengucapkan syukur atas kepercayaan menteri pendidikan dan kebudayaan menunjuk umuslim sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara PPG untuk Provinsi Aceh.
Untuk angkatan I ini pesertanya telah diseleksi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Ditjen GTK) Kemendikbud, disebar pada perguruan tinggi penyelenggara PPG baik PTN maupun PTS.
“Universitas Almuslim mendapat kepercayaan mendidik  30 orang guru dari Aceh,  29 orang dari Jawa Barat, dan 1orang dari provinsi Jawa Tengah, mereka akan mengikuti perkuliahan secara daring,” ujar Marwan.(Ihkwati)