KABAR BIREUEN-Jelang lebaran Idul Fitri 1443 H, Pemerintah Gampong Baro, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap keempat dan kelima bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022.

Selain penyaluran BLT-DD Pemerintahan Gampong Baro juga menggelar paket murah khusus untuk warga gampong setempat.

Kegiatan tersebut, berlangsung di komplek meunasah gampong setempat, Kamis, (28/4/2022), ba’da Asar.

Disela-sela kegiatan, Keuchik Gampong Baro, Zulfaizal Saleh, SE.,M.Kes, dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen mengatakan, bantuan langsung tunai yang bersumber dari anggaran Dana Desa yang disalurkan hari ini untuk dua bulan sekaligus, yaitu bulan April dan Mei 2022.

“Ada 74 keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima BLT-DD ini, mereka tersebar di tiga dusun, yakni Dusun Adil, Makmur dan Sejahtera,” sebutnya.

Disebutkan, penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini, adalah yang tidak menerima bantuan seperti BST, PKH, BPNT dan lain- lain, ,

“Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 600.000, untuk dua bulan atau periode April dan Mei 2022 yang bersumber dari Dana Desa, dimana per-bulanya mereka menerima BLT-DD sebesar Rp 300.000,” rinci Zulfaizal Saleh.

Keuchik Gampong Baro ini berharap, dengan adanya BLT-DD yang diberikan ini, semoga KPM
bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya, mengingat kebutuhan menjelang lebaran tahun ini semakin meningkat.

Lebih lanjut, Zulfaizal menjelaskan, hari ini selain kegiatan penyaluran BLT-DD,  juga menggelar paket bahan pokok murah khusus untuk warga Gampong Baro.

“Ada 300 paket murah kita sediakan khusus untuk 300 KK warga Gampong Baro, dengan harga tebus per-paket Rp. 145,000, setiap KK hanya boleh menebus satu paket,” katanya.

Paket tersebut berupa beras 10 kg, gula pasir 2 kg, 30 butir telur dan 2 botol syrup.

“Anggaran paket murah tersebut berasal dari Dana Desa Pagu Ketahanan Pangan,” pungkasnya.(Herman Suesilo).