KABAR BIREUEN – Kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, agar senantiasa menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi. Mengingat, seluruh pejabat, khususnya mereka yang sudah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II), seluruhnya akan dievaluasi terhadap kinerja masing-masing secara berkala.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si, seusai melantik sebanyak 150 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan pengawas sekolah dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen di Aula Lama Setdakab Bireuen, Kamis (2/9/2021) sore.

“Ini sebagaimana ketentuan yang berlaku dalam merit system yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja, sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karier pegawai,” baca Ibrahim Ahmad.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini, katanya, juga dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja, penilaian kualifikasi, test kompetensi dan uji kesesuaian (job fit) yang telah diikuti oleh pejabat pimpinan tinggi pratama beberapa waktu yang lalu. Hal ini juga telah mendapat rekomendasi dari Ketua Komisioner Aparatur Sipil Negara (KASN), Nomor B-2175/KASN/06/2021 perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi PPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Sebagai pimpinan daerah, menurut bupati, pihaknya tidak dapat berjalan sendiri dalam mewujudkan visi-misi pembangunan daerah. Perlu sinergitas antara berbagai pihak, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan pada jalur yag benar.

“Berikan masukan kepada kami terkait isu-isu strategis, utamanya yang memerlukan penanganan segera dan menyangkut kepentingan khalayak banyak,” pinta Muzakkar dalam sambutan tertulisnya itu.

Kepada para pejabat yang mendapatkan rotasi ataupun reposisi jabatan ini, Muzakkar mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru. Semoga mereka dapat segera beradaptasi dengan tugas dan jabatan di lingkungan kerja yang baru.

“Jadikan pengalaman dalam jabatan sebelumnya, sebagai sarana introspeksi dan evaluasi peningkatan kinerja di masa yang akan datang,” demikian diingatkan Bupati Muzakkar.

Sebanyak 150 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas dan pengawas sekolah yang dilantik tersebut untuk eselon II empat orang, eselon III dua orang, eselon IV 144 dan seorang pengawas sekolah.

Empat pejabat Eselon II yang baru dilantik ini yaitu Ir. M. Jafar, MM menjadi Asisten II (Bidang Ekonomi dan Pembangunan) Setdakab Bireuen yang selama ini lowong. Sebelumnya, M. Jafar menjabat Kadisdukcapil. Sedangkan penggantinya di jabatan tersebut, kini diduduki Muhammad Diah, S.Ag yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan Dayah.

Sementara pada jabatan yang ditinggalkan Muhammad Diah, kini diduduki Jufliwan, SH., MM. Sebelumnya, dia menjabat Kadis Perpustakaan dan Kearsipan. Sebagai pengganti Jufliwan di jabatan tersebut, ditempatkan Irfan, S.Pd., M.Pd yang sebelumnya Staf Ahli Bupati.

Berikutnya, untuk pejabat eselon III dua orang, masing-masing sebagai Kabag di RSUD dr. Fauziah dan Kabid pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). Seterusnya, untuk jabatan eselon IV sebanyak 144 orang yang ditempatkan sebagai Kasubbid, Kasi, Kasubbag dan seorang pengawas sekolah. (Suryadi /*)