KABAR BIREUEN – MIN 50 Bireuen, Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen melaksanakan acara peluncuran buku antologi murid, acara ini berlangsung di sekolah tersebut, Senin (5/4/2021).

Turut dihadiri Sosialisator Program Literasi (SPL) nasional dari Gerakan Menulis Buku (GMB) Indonesia Dewi Sofiana, kasi Pendidikan Madrasah kantor Kemenag Bireuen Anis SAg, wali murid, pengawas madrasah ibtidaiyah dan komite.

Buku antologi puisi merupakan kumpulan karya tulis siswa, lalu dikirim ke redaksi Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) di Surakarta, Jawa Tengah untuk diseleksi kelayakannya.

Kepala MIN 50 Bireuen Darmawati MAg dalam laporannya menyebutkan proses pembuatan buku antologi tersebut dimulai tapahan seleksi puisi murid pada Oktober 2020.

“Dari ratusan karya tulis anak kami, hanya 50 puisi yang terpilih untuk dibukukan, puisi ini murni karya murid,” katanya

Ia melanjutkan, melalui buku antologi puisi siswa, MIN 50 Bireuen sudah menunjukkan karya nyata sebagai wujud kontribusi untuk ikut mengambil peran dalam meningkatkan kemajuan literasi di Indonesia.

Sementara itu SPL, Dewi Sofiana dalam kata sambutannya mengapresiasi langkah hebat yang dilakukan oleh kepala MIN 50 Bireuen Darmawati yang telah menunjukkan komitmen dan kepedulian tinggi untuk memajukan literasi bangsa.

Ia mengatakan, literasi adalah ruh pendidikan dan pembuka peradaban, pendidikan tidak akan maju jika tidak ada literasi didalamnya.

“Minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, kita perlu menciptakan atmosfir untuk menggugah dan merangsang minat baca dan tulis khususnya dikalangan siswa,” sebutnya.

Ditempat yang sama, Anis SAg kasi Pendidikan Madrasah dalam sambutannya mengungkapkan sangat bersyukur ada madrasah di jajaran kemenag Bireuen yang aktif literasi.

“Meskipun sekolah kita berada di kecamatan kita harus bangga sudah aktif dalam program literasi, karena tidak semua sekolah (MI jajaran kemenag) ikut program literasi ini,” katanya.

Program ini berjalan, kata Anis, atas dukungan semua pihak. Ia juga menghimbau supaya program literasi dilanjutkan lebih maksimal lagi.

“Kami atas nama kantor Kemenag Bireuen mengucapkan terima kasih pihak madrasah, wali murid dan SPL atas atensi dan perhatian atas program literasi ini, kami sangat mendukung,” kata Anis mengakhiri sambutannya.

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan plakat dan pin literasi dari pihak GSMB kepada kepala MIN 50 Bireuen dan pembina literasi, kemudian penyerahan sertifikat untuk tujuh guru dan penyerahan buku serta sertifikat untuk 50 murid yang didampingi orang tua masing-masing. (Najib Zakaria)