KABAR BIREUEN – Ratusan mahasiswa dari bebrbagai kampus di Aceh berkumpul di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, dalam rangka mengikuti Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKD) Aceh XII yang berlangsung selama tiga hari, 21-23 November 2019.

Ketua panitia, Muhammad Kausar, menyebutkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 15 Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang ada di Aceh. Tujuannya, sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi antar LDK se-Aceh dan Lembaga dakwah kampus (LDK) Formada Umuslim menjadi tuan rumah silaturahmi ke-12 ini.

Acara yang dirangkaikan dengan seminar tentang pemuda dan UMKM dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Umuslim Dr. Ir. Saiful Hurri, MSi, menyambut baik acara ini dan mengharapkan semua pihak untuk bisa menjadikan Umuslim sebagai lokasi kegiatan kemahasiswaan lainnya.

Turut menyampaikan sambutan ketua LDK Formada Umuslim, Agus Meriza pada kesempatan tersebut menyampaikan agar dapat menjadikan forum ini sebagai forum komunikasi dan silaturahmi antar peserta dari seluruh Aceh.

Sementara itu Ketua Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKD) Aceh, Andika, menjelaskan tentang keberadaan forum ini berfungsi  sebagai sarana komunikasi dan silaturahim pengurus Lembaga Dakwah Kampus se-Aceh dalam membentuk karakter mahasiswa dan memperkuat dakwah dan sarana syiar pengamalan syariat islam di kalangan mahasiswa dan generasai muda secara umum.

“Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Musyawarah Besar FSLDKD, sekolah LDK, sarasehan LDK, seminar kemuslimahan, seminar fundraising, fieldtrif, aksi solidaritas, closing ceremony dan perlombaan antar LDK,” jelas Muhammad Kausar.

Peserta kegiatan ini terdiri 700 peserta seminar dan 100 orang sebagai peserta musyawarah daerah dari 15 Lembaga dakwah kampus (LDK) dari berbagai kampus di Aceh.

Seminar menghadirkan Dr. Tgk. Amri Fatmi, Lc, MA dengan tema Peran dai di era 4.0, dan juga menghadirkan Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen, Hendra Supardi yang memaparkan tentang UMKM dan perekonomian syariah.

Acara pembukaan turut dimeriahkan penampilan dari murid TKIT Azkiya dan Nasyid Tim Formada Umuslim dan turut dihadiri wakil rektor, dekan, pimpinan Bank Aceh Syariah Matangglumpangdua, ormawa dan mahasiswa. (REL)

BAGIKAN