KABAR BIREUEN –¬†Penglepasan balon ke udara dan penandatanganan komitmen bersama, merupakan rangkaian kegiatan peresmian dan launching Rumoh Gizi Gampong (RGG) di Gampong Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman balai desa setempat, Selasa (21/10/2019) siang itu, diresmikan Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh, Dr Dyah Erti Idawati MT.

Dyah Erti Idawati kemudian mengunjungi stand TP-PKK dan Pangan Lestari.
Mengunjungi Stand Posyando Terintegrasi dan PMT/Isi Piringku, lalu mengunjungi Taman Obat Keluarga (Toga) Ayeum Mata.

Sebelumnya Keuchik Krueng Simpo, Safrizal S.Pd, melaporkan, Krueng Simpo merupakan salah satu gampong yang terluas di Kecamatan Juli.

Terdiri dari 6 Dusun, yaitu Dusun Kamar Mandi, Mina, Alue Keumiki, Buket Subur, Keudee dan yang terjauh Dusun Bivak, jaraknya dengan induk desa sekitar 20 Km.

“Upaya yang kami lakukan dalam bidang kesehatan masyarakat, membentuk Forum Gampong Sehat (FGS) yang bertugas membuat perencanaan tentang kesehatan,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, ada gerakan tanaman obat keluarga (Toga) di setiap rumah warga, Penanggulangan Penanganan Pencegahan Penyakit Kronis (Pakis). Dan, hari ini launching Rumoh Gizi Gampong (RGG), sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

“Program-progam tersebut kami laksanakan, tidak terlepas berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan Juli, unsur Forkopimcam, perangkat Gampong, unsur Lembaga Gampong, Pendamping Desa, masyarakat Gampong dan elemen lainnya,” kata Safrizal.¬†(Herman Suesilo)

BAGIKAN