KABAR BIREUEN-Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen, H Mukhlis A.Md membuka secara resmi Road Show Aceh Documentary Junior 2021, Senin (1/2/2021) di Aula Lama Setdakab Bireuen.

H Mukhlis dalam sambutannya mengharapkan agar pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut nantinya bisa memajukan budaya Aceh.

“Semoga saja akan lahir generasi penerus yang lebih kreatif dalam seni dan budaya,” harap Mukhlis yang juga Ketua KONI Bireuen itu.

Disebutkan Mukhlis Takabeya, dengan seni dan budaya bisa memperkenalkan daerah di kancah internasional.

Beberapa waktu lalu tim seni budaya Bireuen bisa mengharumkan nama daerah di luar negeri yaitu di Mesir.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen, T Murtadha S.Sos  mengharapkan peserta mengikuti Road Show Aceh Documentary Junior 2021 ini dengan sungguh-sungguh.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat menggali kreatifitas pelajar, sensitifitas dan kepekaan, mengangkat hal-hal yang diangkat dari kehidupan sehari hari yang disampaikan melalui film dokumenter. Melahirkan sineas-sineas muda yang berbakat dan melahirkan film yang bermutu,” sebutnya.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, diwakili Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Reza Fitria, M.Sc, mengatakan, berbicara masalah kesenian mempunyai perpektif yang luar biasa , bukan hanya dari satu sudut pandang.

Seni membuat hidup lebih indah, salah satunya melalui film, seni audio visual yang dapat menyampaikan pesan.

Selama pandemi, sebutnya, kegiatan banyak yang vakum. Kegiatan lebih banyak dilaksanakan secara virtual.

Kadis Pemuda, Olahrga dan Pariwisata, diwakili Kabid Olahraga, Akmal Fajri, S.Pd menyebutkan, dengan ada acara seperti ini, adanya video yang bisa mengembangkan Bireuen di kancah intrnasional, baik di bidang olahraga, pendidikan dan pariwisata.

“Itu harus menjadi motivasi dan awal dari perkembangan dokumentar di Kabupaten Bireuen nantinya. Bisa bermakna dan menghasilkan prestasi,” harapnya.

Ketua Panitia Road Show Aceh Dokumentary Junior 2021, Imamul Muttaqin melaporkan, kegiatan tersebut diikuti 60 peserta dari 11 SMA dan 5 SMP di Bireuen. Berlangsung satu hari digelar oleh Aceh Documentary bekerjasama dengan Rangkang Sastra.

Pada kesempatan tersebut juga diputar sejumlah video dan film dokumenter yang pernah mengikuti ajang Aceh Documentary.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRK Bireuen dari Fraksi Juang Bersama, yang juga Sekretris Partai Demokrat Bireuen, Zulfikar Apayub, Kasie Ekonomi Kreatif Disporapar Bireuen, Azhari, S. Pd ,M.Pd, Ketua Rangkang Sastra, Andri Kurniawan, Novianti Maulida Rahmah serta pengurus Rangkang Sastra lainnya (Ihkwati)