KABAR BIREUEN– “Sudah saatnya KarangTaruna ambil peran dalam pembangunan mental generasi muda,” itulah pesan terakhir Menteri Sosial, Dr. (H.C) Ir. Tri Rismaharini, M.T pada saat penutupan kunjungan di Loka Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak LRSAMPK “Darussa’adah di Banda Aceh,  Kamis, 2 September 2021.

Beberapa agenda kunjungan tim Kementerian Sosial diantaranya, pemberian santunan kepada anak penyandang disabilitas.

Lalu ada penyerahan penghargaan kepada Karang Taruna terbaik dan pembagian 29.210 paket masker dan vitamin untuk pencegahan Covid-19 kepada seluruh pengurus Karang Taruna di 23 Kabupaten/Kota di bumi Tanah Rencong.

Dalam paket kegiatan tersebut, panitia juga menyediakan beberapa stand pameran untuk mempromosikan produk usaha yang dihasilkan oleh beberapa pengurus Karang Taruna kabupaten/kota di Aceh.

Disela-sela kunjungan ke setiap stand pameran, Menteri Sosial banyak memberikan masukan dan bimbingan kepada seluruh penyedia produk hasil usaha yang dipersembahkan.

Salah satunya dengan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bireuen, dimana produk yang diperlihatkan adalah madu hutan asli, melon madu dan pepaya madu.

Produk tersebut  merupakan hasil budidaya oleh pengurus Karang Taruna Desa Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen.

“Produk kalian sudah mantap, hanya saja kemasan yang harus lebih ditingkatkan lagi sebagai bentuk keindahan promosi,” tegas mantan Wali Kota Surabaya ke-15 periode 2016 – 2020.

Menteri Sosial periode Presiden Jokowi 2019 – 2024 itu sempat membuat video vlog singkat untuk mempromosikan produk madu hutan asli yang berasal dari Kabupaten dengan julukan Kota Juang tersebut.

“Ini merupakan madu hutan asli yang berasal dari Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, Aceh, silakan dicoba, aku minum ini jadi sehat,” begitu iklan singkat Tri Rismaharini.

Hingga beberapa saat kemudian staf dari Kementerian langsung membeli beberapa botol madu untuk dibawa sebagai oleh-oleh ke Jakarta.

Sebagai ucapan terima kasih atas sapaan langsung  Rismaharani kepada Karang Taruna Bireuen, drh. Murdani sekaligus ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen periode 2019- 2024 memberikan beberapa botol madu hutan asli, melon dan pepaya sebagai sampel produk untuk diuji.

Dia berharap mendapat dukungan dan bantuan dalam memperluas dan meningkatkan jaringan pemasarannya.

Dani Geulanggang sapaan akrab ketua Karang Taruna Bireuen itu sangat bangga atas apresiasi dari  Menteri Sosial terhadap hasil produk usaha ekonomi produktif Karang Taruna.

“Sebenarnya masih banyak produk yang ingin ditampilkan pada momen tersebut, karena keterbatasan waktu hanya tiga produk saja yang sempat dihadirkan,” sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pengurus Karang Taruna Kabupaten Bireuen dan Ketua Karang Taruna Angkasa Muda, Desa Lhok Awe-awe, Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, Mursalin, SE. (Herman Suesilo)