KABAR BIREUEN – Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan tahun 2021, perlu kenyamanan umat dalam menjalankan ibadah puasa, dan sholat tarawih pada malam hari.

Hasil pengecekan di lapangan oleh Dirlantas Polda Aceh, masih banyak ditemukan sepeda motor tidak menggunakan knalpot standar, atau memakai knalpot brong yang suaranya mengganggu kenyamanan masyarakat.

Demikian keterangan Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH, dalam siaran tertulisnya kepada media ini di Banda Aceh, Minggu (28/3/2021).

Menindaklanjuti temuan tersebut, Ditlantas Polda Aceh memerintahkan para Kasat Lantas untuk melaksanakan razia knalpot secara serentak, Sabtu malam (27/3/2021).

“Terbukti ada 129 kendaraan yang disita dari Polres Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Pidie Jaya dan Subulussalam. Semua knalpot brong akan dicopot. Pemilik kendaraan harus pasang knalpot standar,” papar Dicky Sondani.

Menurutnya, razia ini akan terus berlangsung sampai bulan Ramadhan. Dirlantas Polda Aceh mengimbau kepada para orang tua agar melarang anaknya menggunakan knalpot brong, dan balapan liar saat pagi hari di bulan Ramadhan, karena sudah banyak korban luka-luka, dan meninggal dunia karena balapan liar.

“Menjelang Bulan Ramadhan Dirlantas Polda Aceh akan bekerja sama dengan Pomdam Iskandar Muda dan Dinas Perhubungan Provinsi Aceh dalam menciptakan Kamseltibcar lantas di Bumi Serambi Mekkah,” demikian Dicky Sondani. (Red)