KABAR BIREUEN – Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Satgas Covid-19 bersama aparat desa dibantu warga Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Bireuen, melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan, Minggu pagi (11/9/2022).

Gotong royong kali ini difokuskan pada pembersihan sampah dan rumput liar di sepanjang saluran air yang terletak di kawasan Dusun Tunong Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah yang berbatasan langsung dengan Gampong Neuheun.

Keuchik Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah, Rifian, A.Md yang turut serta dalam gotong royong tersebut mengatakan, pembersihan itu menggunakan sarana dan prasarana yang ada dan sangat mengapresiasi atas kekompakan warganya dalam melaksanakan kegiatan gotong royong ini.

“Alhamdulillah kerja bakti yang diinisiasi oleh Satgas Covid-19 Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah bersama aparat desa ini berjalan lancar dan masyarakat antusias dan mendukung sekali dengan diadakannya gotong royong ini,” ujarnya.

Menurut Keuchik Rifian yang didampingi Ketua Gapoktan Tgk. Di Glee, Jailani Abdullah, dipilihnya lokasi saluran air sebagai pusat gotong royong kali ini, mengingat banyaknya tumpukan sampah di dalamnya dan tidak lama lagi musim tanam padi akan tiba. Diharapkan dengan bersihnya saluran air yang merupakan bagian dari saluran irigasi Pante Lhong ini, akan memperlancar air ke area persawahan masyarakat.

Camat Peusangan Ibrahim, S.Sos yang ikut hadir memantau kegiatan gotong royong  didampingi Koordinator Keujruen Blang Kabupaten Bireuen, H. Yusri Abdullah, S Sos dan Ketua KTNA Peusangan Anwar Mahmud, memuji kekompakan warga Gampong Matang Glumpang Dua Meunasah Dayah terhadap kepedulian kebersihan lingkungan.

Menurut Camat Ibrahim, kerja bakti atau gotong royong ini jika rutin dilakukan dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih pada musim penghujan akan sangat rentan dengan berbagai pandemi penyakit. Di antaranya, penyakit demam berdarah dengue (DBD), diare dan sebagainya. Terlebih penyakit Covid-19 juga belum hilang sepenuhnya dari lingkunga kita.

“Membersihkan rumput atau sampah pada saluran air di sepanjang jalan, hal ini untuk memperindah lingkungan sehingga nyaman bagi masyarakat. Apalagi ini saluran untuk air pertanian tentu jika airnya lancar sangat membantu petani mengairi sawahnya,” terang Camat Ibrahim.

Lebih lanjut Camat Ibrahim mengatakan, apabila kita mampu menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah maka masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut, akan menghirup udara yang segar, jauh dari berbagai penyakit.

Sejatinya, menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting dan dukungan masyarakat. Contoh terkecilnya, yakni dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, memilah sampah yang bisa menampung air, sekaligus bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Dengan semangat dan jiwa kekeluargaan, Satgas Covid-19 dan aparat desa bersama warga bersemangat dalam melaksanakan kegiatan gotong-royong ini hingga tuntas. Turut serta pula Bhabinkamtibmas Bripka M.Yusuf, Babinsa Sertu Dodi Wirmanto, dan juga Kasi Pemerintahan Kecamatan Peusangan Rahmatsyah Harahap, S.Sos. (Rel)