KABAR BIREUEN – Hujan yang mengguyur Kota Bireuen dan sekitarnya pada Rabu, (27/6/2018) petang, mengakibatkan badan jalan tergenang air sehingga mengganggu lalu lintas, seperti yang terjadi di jalan nasional Banda Aceh – Medan, tepatnya di depan SMAN 2 Bireuen.

Anwar, warga Kecamatan Peusangan yang telah menerobos genangan air tersebut menuturkan, genangan air hujan sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara. Keamanan pengendara terkendala karena tidak tampak badan jalan, apakah berlubang atau tidak.

“Ini cukup membahayakan,” katanya singkat.

Hal yang sama juga terjadi di ruas jalan dalam Kota Bireuen, seperti di jalan Jati. Genangan air hujan membuat pengguna sepeda motor memelankan laju kendaraan.

Informasi yang diperoleh dari seorang pedagang, air hujan tergenang di jalan karena saluran sempit dan masih ada sebagian warga yang membuang sampah sembarangan, sehingga salurannya tersumbat.

“Kondisi seperti ini sudah menjadi langganan kami,” sebutnya.

Di jalan Bireuen – Takengon, juga ada genangan air hujan, tepatnya dekat jembatan Km 2, pengguna sepeda motor dan sopir mobil harus ekstra hati-hati melintasi genangan air yang panjangnya sekira belasan meter agar air tidak kecipratan kepengguna jalan lainnya.

“Kiri-kanan jalan tidak ada saluran, jadi air tergenang,” kata Anwar, warga desa setempat. (Najib Zakaria)