KABAR BIREUEN-Gampong Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, terpilih sebagai Desa Sadar Kerukunan Tahun 2021.

Terpilihnya gampong tersebut sebagai desa Sadar Kerukunan di Tingkat Kabupaten Bireuen, bedasarkan penilaian Kementerian Agama RI melalui Kanwil Kementerian Agama Provinsi.

Bedasarkan penilaian tersebut Gampong Bandar Bireuen dibawah pimpinan Keuchik Adnan Adam telah memenuhi kriteria yang ditentukan.

Kriteria yang ditentukan, yaitu adanya keberagaman dan kemajemukan ditengah-tengah masyarakatnya baik dari segi keyakinan, latar belakang sosial, suku dan tingkat pendidikannya. dan semuanya dapat berjalan secara harmonis, rukun dan damai tanpa terjadinya konflik dan pertentangan.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bireuen, Tgk, Hamdani Nurdin, dalam laporannya pada acara Penetapan Gampong Bandar Bireuen sebagai Desa Sadar Kerukunan Tahun 2021.

Kegiatan yang ditandai dengan penyerahan plakat oleh Bupati Bireuen Dr. H.Muzakkar A.Gani,S.H. M.Si, dan SK oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs. H. Zulkifli Idris, M.P.d. kepada Keuchik Gampong Bandar Bireuen Adnan Adam, berlangsung di Gedung Serba Guna Gampong Bandar Bireuen, Kamis. (20/1/2022).

Tgk, Hamdani Nurdin, menjelaskan, Program desa sadar kerukunan merupakan program prioritas Pemerintah yang digagas oleh Kementerian Agama R.I, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Disebutkan, usulan desa yang memenuhi kriteria ini diajukan oleh FKUB di masing-masing daerah untuk selanjutnya dilakukan penetapan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi.

Tujuan diadakan kegiatan ini, yaitu agar dapat menjadi contoh teladan bagi desa/gampong yang lain dalam hal senantiasa memelihara dan menjaga keberagaman serta kerukunan antar komunitas umat beragama.

“Untuk Kabupaten Bireuen tahun 2021, Gampong Bandar Bireuen terpilih sebagai Desa Sadar Kerukunan Tingkat Kabupaten Bireuen,” sebut Ketua FKUB Bireuen ini.

Keuchik Gampong Bandar Bireuen, Adnan Adam, dalam sambutannya mengatakan, penetapan Gampongnya sebagai Desa Sadar Kerukunan Tahun 2021 oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, tentu tidak terlepas dari peran dan fungsi FKUB Kabupaten Bireuen.

Oleh karena itu sudah sepantasnya kami juga turut mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada FKUB Bireuen yang telah mengajukan Gampong Bandar Bireuen Desa sebagai desa Sadar kerukunan Tahun 2021.

Selaku Keuchik Gampong Bandar Bireuen tentu memiliki harapan yang besar kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga terciptanya keharmonisan antar umat beragama.

“Hubungan baik yang selama Ini terbina agar dapat kita jaga dan kita pertahankan bersama,” ujar Keuchik Bandar Bireuen ini.

Adnan Adam juga menyampaikan ucapan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak atas peran dan dukungannya sehingga Gampong Bandar Bireuen ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan Tahun 2021.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs. H. Zulkifli Idris, M.P.d. mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Pemkab Bireuen, Forkopimda Bireuen dan semua pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan progam Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Bireuen.

Bupati Bireuen Dr. H.Muzakkar A.Gani,S.H. M.Si, dalam arahanya menyampaikan atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Bireuen mengapresiasi kegiatan pada hari ini dalam rangka terciptanya kerukunan antar umat beragama di kabupaten ini.

Jika antar umat beragama sudah terjalin dengan baik, maka akan tercipta situasi yang aman, nyaman dan damai.

Dengan adanya Pencanangan ini diharapkan mampu mendorong pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, dan seluruh warga untuk senantiasa menjaga kerukunan yang sudah dijaga selama ini.

Hadir pada kegiatan itu, antara lain Sekretaris Daerah Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad. M.Si. Kapolres Bireuen, AKBP, Mike Hardy Hirapraja,S.I.K, M.H. Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf M.Ali Akbar, Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen, M. Farid Rumdana,S.H.,M.H. Ketua Pengadilan Negeri Bireuen, Rosnainah, S.H., M.H.

Kemudian, sejumlah unsur dari SKPK dalam lingkungan Kabupaten Bireuen, Camat Kota Juang, para unsur Forkopimcam Kota Juang, Para Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat dalam Kecamatan Kota Juang serta Pengurus FKUB Bireuen. (Herman Suesilo).