KABAR BIREUEN-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menggelar seminar hasil program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS). Seminar hasil program PDS ini berlangsung di ruang rapat FKIP lantai 1, Selasa 12 November 2019.

Dekan FKIP Universitas Almuslim Drs. M.Taufiq, M.Pd melaui Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim menyampaikan, kegiatan ini bertujuan mempresentasikan hasil kegiatan dosen yang telah dilaksanakan di sekolah dan diperkuliahan.

Pada seminar ini turut hadir kepala sekolah dan guru sekolah mitra dan dosen dalam lingkup FKIP Umuslim.

Ada dua kegiatan yang dipresentasikan dalam seminar tersebut, yaitu hasil kegiatan PDS di Sekolah dan Penerapan PDS di Perkuliahan.

“Dalam kegiatam seminar ini setiap peserta mempresentasikan video kegiatan pembelajaran di sekolah dan kegiatan pembelajaran di perkuliahan. Video kegiatan pembelajaran tersebut berdurasi 10-15 menit yang telah diunggah ke youtube dan bisa diakses oleh publik,” sebutnya.

Taufiq menjelaskan, untuk tahun ini, terdapat 13 dosen yang terlibat dalam kegiatan PDS. Adapun rinciannya, 3 dosen yang melaksanakan PDS ke sekolah mitra dan 10 dosen yang menerapkan PDS di perkuliahan. Adapun sekolah mitra tempat pelaksanaan PDS, yaitu SMP Negeri 1 Peusangan, SMA Negeri 1 Peusangan, dan SMA Negeri 2 Peusangan. Khusus penerapan PDS di perkuliahan seluruhnya merupakan alumni PDS tahun 2018.

Zulkifli mengutif peryataan Taufiq mengatakan, FKIP Umuslim merupakan salah satu LPTK yang diberikan kepercayaan oleh Ditjen Belmawa untuk melaksanakan kegiatan PDS ini. Program PDS ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya juga pada tahhun 2018 mendapat kepercayaan.

Pada bagian penutup dari sambutannya Taufik menjelaskan, pelaksanaan dosen kesekolah telah memberikan hasil yang sangat signifikan dimana para dosen dan guru saling berkolaborasi untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan berbagai model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pembelajaran aktif berpusat pada peserta didik (SCL).

“Dengan kata lain dosen yang selama ini melakukan transfer ilmu berupa teori kepada calon guru, dalam kegiatan PDS ini dosen yang harus menerapkan langsung teori-teori pembelajaran yang up to date,” harapnya. (Ihkwati)

BAGIKAN