KABAR BIREUEN– Dusun Balee Labang tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 2, Gampong Blang Cot Baroh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

MTQ antar dusun yang diprakasai oleh Kesatuan Pemuda Gampong Blang Cot Baroh dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,

MTQ yang dihelat selama seminggu itu, resmi ditutup oleh Keuchik Gampong Blang Cot Baroh Herman Syah, Kamis malam (24/12/2020) berlangsung, di komplek meunasah gampong setempat.

Dari pengumuman yang disampaikan dewan juri saat penutupan, Kafilah dari Dusun Balee Labang berhasil meraih juara umum setelah mengantongi nilai 56 poin.

Disusul Dusun Tgk Dibalee sebagai juara kedua dengan nilai 46 poin, dan Dusun Blang Timu sebagai juara ketiga dengan nilai 28 poin.

Atas keberhasilan ini, Dusun Balee Labang berhak membawa pulang piala bergilir, piala ini diserahkan Keuchik Gampong Blang Cot Baroh Hermansyah Daud, kepada Kepala Dusun Balee Labang.

Penutupan Musabaqah Tilawatil Quran antar dusun ke- 2 tahun 2020 ini, dirangkai dengan penyerahan hadiah pemenang peserta lomba dan tausyiah Maulid Nabi Muhammad SAW, disampaikanTgk Asnawi Arakundo dari Aceh Timur.

Keuchik Gampong setempat, Hermansyah Daud dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan tingi kepada panitia dan warga gampong, para donatur dan semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan gelaran MTQ antar dusun ini.

MTQ yang digelar di tahun ini guna mendidik generasi penerus, mulai anak PAUD Desa serta remaja agar dapat mengasah kemampuan, juga sebagai benteng untuk anak-anak dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini.

Selain itu, sebagai media intropeksi, sejauh mana kita memahami alqur’an serta tentang pendidikan ahklak anak.

Yang sangat terpenting MTQ ini bukanlah mencari juaranya, namun kegiatan ini sebagai media agar anak kita kedepan lebih baik dan terarah.

Dirinya, merasa senang dan bangga dimana antusiasnya warga yang menyaksikan pelaksanaan MTQ ini dari malam pertama pembukaan hingga pada malam penutupannya.

“Ini membuktikan dukungan dan antusiasme warga gampong terhadap kegiatan keagamaan, seperti MTQ ini cukup tinggi,” kata Hermansyah.

Ketua panitia pelaksana Athailah Andip, melaporkan, MTQ antar dusun ini digelar dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diikuti 220 peserta, perwakilan dari tiga dusun, yaitu Dusun Tgk Dibalee, Dusun Blang Timu dan Dusun Balee Labang.

Memperlombakan beberapa cabang mata lomba, yaitu ayat pendek tingkat PAUD, Hafalan Itikad 50 tingkat SD kelas 1-3 dan Itikad 50 tingkat SD kelas 4-6. Cabang Tahfiz tingkat SD, dan Tilawah tingkat anak-anak.

Kemudian, cabang Azan tingkat SD, Azan tingkat SMP,  Pidato tingkat SD, SMP dan SMA, Cerdas Cermat antar dusun serta cabang Tilawah Tingkat Remaja.

“Kegiatan tahunan yang diprakasai pemuda gampong setempat menggunakan anggaran Dana Desa yang dikucurkan untuk kegiatan pemuda serta bantuan dari donatur dan masyarakat Gampong Blang Cot Baroh,” sebut Athailah Andip yang juga Ketua Pemuda gampong setempat. (Herman Suesilo).