KABAR BIREUEN – Waduk Darma yang terdapat di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, adalah sebuah waduk yang memiliki tiga fungsi.

Informasi yang diperoleh dari Tarmizi Age atau yang akrab disapa Mukarram, Selasa (12/11/2019), waduk itu mempunyai tiga fungsi.

Hal itu sebagaimana disampaikan Rifan, salah seorang warga Kuningan,yang menjelaskan apa saja fungsi Waduk Darma bagi masyarakat.

Rifan mengatakan, pertama waduk ini diisi dengan sejumlah keramba milik warga untuk memelihara ikan, seperti nila, ikan mas dan beberapa jenis ikan air tawar lainnya.

“Fungsi kedua, waduk ini dimanfaatkan airnya oleh warga untuk persawahan, menanam sayuran seperti bawang, jagung, dan tumbuhan lainnya,” katanya.

Terakhirnya, Waduk Darma terkenal sebagai tempat wisata dan rekreasi bagi masyarakat, waduk ini tidak hanya di kunjungi warga lokal tapi juga warga luar daerah, terutama pada akhir pekan dan pada musim liburan.

Kemajuan Waduk Darma ini juga telah membawa berkah bagi warga yang berjualan di sekitarnya, untuk bisa menambah pendapatan keluarga.(REL).

 

BAGIKAN