KABAR BIREUEN –¬†Warga Gampong Geudong-Geudong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Sabtu (16/5/2020) malam, mendatangi meunasah untuk membayar zakat fitrah, melalui Badan Amil Zakat (BAZ) gampong setempat.

Ketua BAZ gampong setempat Tgk,Hasbi Ahmad didamping Koordinator kegiatan Azahari Mahmud kepada Kabar Bireuen, mengatakan, Zakat Fitrah untuk tahun ini, ditunaikan dalam bentuk beras seberat 2,8 kg per jiwa.

Penerimaan membayar zakat fitrah ini, dilaksanakan di meunasah gampong setempat, mulai tanggal 13-22 Mei 2017, setelah salat tarawih.

“Kualitas beras harus sesuai dengan kualitas beras yang dikonsumsi sehari-hari,” jelas Tgk Hasbi.

Disebutkannya, agar tidak terjadi antrian warga pada saat membayar zakat fitrah, warga membayar zakat fitrah melalui perwakilan Badan Amil Zakat tiap-tiap dusun, yaitu Dusun Pusu Lawah, Kuta Trieng dan Dusun Geudong Sagoe.

Zakat fitrah yang terkumpul berbentuk beras, nantinya akan disalurkan kepada masyarakat gampong setempat yang berhak menerimanya.

Selain itu, mereka juga mengumpulkan sedekah dari para warga sesuai keikhlasan masing-masing serta dari para donatur untuk menyantuni para anak yatim Gampong Geudong-Geudong.

“Zakat fitrah merupakan zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan,” ujar Ketua BAZ Gampong Geudong-Geudong ini. (Herman Suesilo)

BAGIKAN