KABAR BIREUEN-Wakil ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh Dr.Ir.Diah Erti Idawati, MT, membuka secara resmi seminar online yang digagas karang taruna Bireuen bekerjasama dengan Bank Aceh Syariah Bireuen, Senin (27/7/2020).

Diah Erti Idawati dalam sambutannya menyebutkan, seminar tersebut sangat b postif dalam rangka pembinaan  generasi muda memanfaatkan peluang wirausaha lokal untuk dikembangjan.

“Kita harapkan, dengan kegiatan ini dapat melahirkan pengusaha mikenial yang berdampak langsung dalam mengembangka  perekonomian Aceh,” sebutnya.

Seminar bertema ” Tantangan dan peluang bisnis milenial ditengah badai corona” di koderator oleh Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Bireuen, Zulkifli,M.Kom berlangsung secara online, diikuti sekitar 50 peserta yang tersebar di berbagai tempat dalam kabupaten Bireuen.

Seminar menghadirkan pelaku usaha kalangan milenial Bireuen seperti Muhammad Noval, owner kedai Thai Tea Otentic Bireuen, pada kesempatan tersebut menyampaikan, untuk suksesnya memulai usaha, banyak dipengaruhi seperti disiplin, ketekunan, dan pengorbanan.

Pemateri kedua Chairil Maulana, ST Ceo Juangjek, menurutnya merintis usaha transportasi ala Gojek ini, awalnya merupakan keinginan untuk berinovasi dikampung halaman, sehingga membangun usaha secara patungan dengan beberapa teman yang lain.

“Kami melihat peluang ini sangat menjanjikan, kalau dibuat di Bireuen, makanya kami membangun usaha ini,” jelas Chairil.

Selain itu hadir juga secara virtual seorang akademisi yang sudah banyak makan asam garam dalam bidang pembinaan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu Dr.Iskandarsyah Madjid,SE.,MM, Direktur UMKM Center Unsyiah Banda Aceh.

Iskandarsyah Majid saat seminar berada di Banda Aceh, dan memaparkan materi melalui online, beliau banyak memberikan solusi dari beberapa pertanyaan dan laporan berbagai kendala dan tantangan yang dialami peserta dalam memulai dan membangun bisnis.

Acara ditutup oleh Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A.Gani, SH, MSi, secara online, pada kesempatan tersebut, Bupati berada pendopo, dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan karang taruna dengan Bank Aceh Syariah Bireuen secara online.

Pada kesempatan tersebut Muzakkar A.Gani saat menutup acara baru saja usai memimpin rapat Forkopimda, memuji antusias peserta, walau sudah mau habis tetapi peserta disiplin mengikuti acara seminar.

Turut menyampaikan sambutan, Pimpinan cabang Bank Aceh Syariah Bireuen, menurut M.Hendra Supardi pihaknya siap mendukung berbagai kegiatan anak muda milenial Bireuen.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen, Drh.Murdani menjelaskan, seminar online yang diikuti generasi milenial ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada pelaku usaha dari generasi milenial.

“Kegiatan seminar online ini berkat kerjasama Karang Taruna dengan Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen,” jelas Murdani yang akrab disapa Dani Geulanggang tersebut.

Peserta yang ikut seminar terdiri dari anak muda berumur 18-35 tahun dan telah membuka usaha mandiri, mereka berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bireuen

“Semoga dengan acara ini dapat membuka wawasan generasi muda dalam menumbuhkan motivasi dan melahirkan dukungan dari berbagai pihak, sehingga mereka tertarik dan mau terlibat langsung melakukan dan menekuni bidang kewirausahaan,” harap Dani. (Ihkwati)

BAGIKAN