KABAR BIREUEN – Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Peusangan, keluar sebagai juara umum pada Festival dan Lomba Seni Pelajar Nasional (FLS2N) dan pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Kepala Dinas P dan K Bireuen, Drs. M. Nasir, M.Pd, melalui Kabid Pembinaan SD, Alfian, M.Pd, Senin (21/6/2021), kepada Kabar Bireuen, mengatakan, kegiatan FLS2N dan KOSN ini diikuti ratusan siswa SD mewakili 12 UPTD Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabupaten Bireuen.

Dijelaskannya, ajang FLS2N-SD berlangsung selama dua hari pada 17-18 Juni 2021. Memperlombakan delapan mata lomba, yakni Membatik, Kriya Anyam, Gambar Bercerita, Tari Garapan Baru, Kesenian Tradisi, Vokal Solo, Pantomim dan Baca Puisi.

Sementara kegiatan KOSN-SD dilaksanakan pada 14-15 Juni 2021, memperlombakan, sepuluh cabang olahraga, yaitu karate, catur, panjat tebing, pencak silat, bulu tangkis putra, bulu tangkis putri, panahan, tenis meja, renang dan kid atletik.

“Dalam kedua lomba tersebut, UPTD Pendidikan Peusangan yang membawahi dua kecamatan, yakni Peusangan dan Peusangan Selatan, berhasil keluar sebagai juara umum,” sebut Alfian.

Apresiasi diberikan kepada semua atlit yang telah tampil dan berjuang semaksimal mungkin dalam ajang FLS2N dan KOSN ini. Terima kasih juga disampaikan kepada semua UPTD Pendidikan yang telah bekerja keras dan mendukung kegiatan ini.

Alfian berharap, ke depan agar UPTD Pendidikan lainnya, dapat keluar sebagai juara umum juga, dengan terus mempersiapkan pesertanya. Begitu juga kepada sekolah-sekolah, untuk terus membina para siswanya yang memiliki talenta di bidang yang mereka geluti.

Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Peusangan, Azwani, S.Pd.I, saat dikonfirmasi melalui WA pribadinya, mengatakan, keberhasilan UPTD Peusangan dalam meraih prestasi juara umum pada kegiatan KOSN dan FLS2N Tingkat Kabupaten Bireuen, tidak terlepas dari kerja keras, dukungan dan kesungguhan kepala sekolah, guru pembimbing, wali siswa, dan siswa sendiri.

“Sebelumnya, kami dari UPTD Peusangan melaksanakan seleksi ketat di tingkat UPTD agar peserta yang menjadi duta di tingkat kabupaten benar-benar yang terbaik dan siap bersaing dengan peserta dari UPTD yang lain,” ungkapnya.

Pihaknya juga senantiasa memastikan agar guru pembimbing dan peserta paham akan juknis setiap perlombaan yang mereka ikuti, karena ini merupakan syarat mutlak dalam meraih keberhasilan.

Pada lomba KOSN dan FLS2N,UPTD Peusangan, mengirimkan semua peserta di setiap cabang perlombaan, meski kegiatan yang dilaksanakan dan waktu persiapannya agak kepepet, mengingat masa pandemi. Namun, semua berjalan lancar berkat dukungan dan kekompakan semua pihak di UPTD Peusangan.

Terutama, kata Azwani, teman-teman kepala sekolah, bahkan bersama dengan K3S, kita senantiasa memantau dan memberi dukungan kepada peserta dalam setiap mereka berlomba. Hal ini sangat penting demi menambah semangat dan mental peserta.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerja sama semua pihak yang terlibat dari persiapan hingga perlombaan, kita berhasil meraih juara umum pada kegiatan KOSN dan FLS2N Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2021 ini,” sebut Kepala UPTD Pendidikan Peusangan ini (Herman Suesilo /*)