KABAR BIREUEN – Pengurus Baitul Mal Kabupaten (BMK) Bireuen bersilaturahmi dengan Ketua Pengadilan (PN) Bireuen, Kamis (15/7/2021). Kunjungan tersebut untuk membicarakan tentang pengumpulan dan penyaluran zakat dan infak di Kabupaten Bireuen.

Pengurus Baitul Mal Kabupaten Bireuen yang hadir Ketua Tgk Muhammad Hafiq, S.Sy dan anggota Iskandar, A.Md, Tgk Abdullah Ahmad dan Murdeli, SH didampingi Kepala Sekretariat Armia, SH. Pertemuan INI berlangsung di ruang kerja Ketua PN Bireuen, Rosnainah, SH, MH.

Pada kesempatan itu Ketua BMK Bireuen Tgk Muhammad Hafiq, S.Sy menyampaikan tujuan kedatangan pengurus amil zakat itu untuk mengajak pegawai PN Bireuen mau menyalurkan zakat dan infak melalui BMK Bireuen.

“Kami berharap kerja sama dengan PN Bireuen dalam rangka menyalurkan zakat dan infak melalui BMK Bireuen. Zakat dan infak di BMK Bireuen disalurkan kepada fakir, miskin, muallaf yang ada di wilayah kabupaten Bireuen,” katanya.

Selain itu, sebut Tgk Muhammad Hafiq, dalam aturan disebutkan bahwa PNS, TNI, Polri, pejabat negara, karyawan BUMN dan instansi vertikal di wilayah Kabupaten Bireuen, harus menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Kabupaten Bireuen.

Anggota Bidang Sosialisasi dan Pembinaan BMK Bireuen, Murdeli, SH menambahkan, BMK Bireuen adalah lembaga non struktural yang berada di lingkup Pemkab Bireuen yang merupakan lembaga resmi amil zakat.

“Seluruh zakat dan infak terhimpun dalam rekening khusus zakat dan infak. Penyaluran dilakukan dengan mekanisme yang terukur dan sesuai dengan tata kelola keuangan. Zakat dan infak yang disalurkan ke BMK tercatat dan tidak tercecer,” katanya.

Sementara menurut Anggota Bidang Pengumpulan BMK Bireuen, Iskandar, A.Md, sejauh ini baru beberapa instansi vertikal yang menyalurkan zakat melalui BMK Bireuen.

“Makanya kami akan datangi seluruh instansi vertikal dalam upaya peningkatan penerimaan zakat,” ulas Iskandar.

BACA JUGA: Penerimaan Minim, Instansi Vertikal dan BUMN Diharap Salurkan Zakat Melalui Baitul Mal Bireuen

Ketua PN Bireuen, Rosnainah, SH, MH menyambut baik kunjungan silaturahmi komisioner Baitul Mal Kabupaten Bireuen dalam rangka untuk membicarakan tentang zakat dan infak.

“Saya baru minggu ketiga di sini dan nanti akan bermusyawarah dulu dengan pegawai di sini terkait dengan keinginan saudara agar zakat pegawai PN Bireuen disalurkan melalui Baitul Mal Kabupaten Bireuen,” jelas Rosnainah.

Selama ini penyaluran zakat di PN Bireuen belum dikumpulkan secara terkoordinir. Kemungkinan disalurkan oleh masing-masing pegawai langsung ke para penerima di sekitar tempat tinggal pegawai.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PN Bireuen berbincang-bincang dengan pengurus BMK Bireuen, seputar lembaga dan program dan kegiatan serta peran yang sudah dilakukan selama ini. Termasuk, tentang ke mana dan bagaimana mekanisme zakat dan infak disalurkan.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Tgk Muhammad Hafiq, Ketua PN Bireuen menilai bahwa di Baitul Mal Bireuen penerima zakat terdata dengan baik. Terlebih, Baitul Mal adalah lembaga resmi Amil Zakat.

Selain ke PN Bireuen, pengurus Baitul Mal Bireuen juga berkunjung ke Bank Syariah Indonesia (BSI) CHik Johan, Kota Juang, Bireuen yang juga membicarakan tentang upaya peningkatan penerimaan zakat dan infak. (Red)