KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim ditunjuk sebagai salah satu lokasi pelaksanaan ujian kompetensi nasional (Ukom) DIII dan D IV Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan metode Computer Base Testing (CBT).

Direktur Kebidanan Umuslim, Nurhidayati, M.Ph, Minggu (19/7/2020) menyebutkan, Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Tenaga Kesehatan (Ukom) Kebidanan tahun ini berbeda dengan beberapa tahun lalu.

“Tahun ini ujian dengan metode Computer Base Testing merupakan pertama sekali dilaksanakan di Aceh, berlangsung 17-20 Juli 2020, diikuti 124 orang D III kebidanan dan 2 orang D IV Program Kebidanan, berjalan lancar dan sukses,” jelas Nurhidayat.

Menurutnya, ujian kompetensi (Ukom) merupakan bagian dari proses evaluasi pembelajaran dan diatur dalam Permenristekdikti No 12 tahun 2016 dan bagi yang lulus akan diberikan Surat tanda Registrasi (STR) sebagai pengakuan kompetensi profesi.

Adapun peserta uji Kompetensi Nasional yang ikut terdiri dari lulusan Kebidanan Universitas almuslim 47 orang, Akbid Munawarah 45 orang, Poltekkes Aceh Utara 25 orang, Universitas Ubudiyah 2 orang, Stikes Bumi Persada Lhokseumawe 1 orang, STIKES Getsempena Lhoksukon 1 orang, STIKES Cut Nyak Dhien Langsa 2 orang, Poltekkes Kemenkes Aceh 1 orang.

“Sedangkan tim uji kompetensi dan pengawas berasal dari pusat Jasmiati, SST, M.Keb, dibantu sejumlah pengawas Lokal seperti Fatiyani, M.Kes, Siti Rahmah, M.Kes dan Anna Malia, M.Keb, Sarah Nadiya, SST, M.K.M, Minda Septiani, SST, M.K.M, dengan Coordinator CBT Universitas Almuslim Ibu Dr.Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt, S.Ag, MM, IPM, bagian IT lokal Husni Abdullah, S.Kom dan Hermansyah, S.Kom serta Herrywati Tambunan, S.Tr.Keb dan Irwan Saputra., A.Md sebagai Administrasi Lokal,” rinci Nurhidayati.

Plt Rektor Universitas Almuslim, Dr. Hambali, SE, M.Pd pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat atas dipilihnya Umuslim sebagai lokasi pelaksanaan ujian kompetensi system CBT bagi lulusan kebidanan.

“Kita harus dapat menjaga kepercayaan pemerintah pusat dengan melaksankan dan memberikan yang terbaik untuk kegiatan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Tenaga Kesehatan Program Kebidanan ini,” ungkapnya.

Ujian berlangsung di laboratorium multimedia Umuslim, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, peserta ujian dan pengawas serta pelaksana yang terlibat lainnya di cek suhu saat masuk ruangan dan wajib menggunakan masker, sarung tangan, dan faceshield. (REL)

BAGIKAN