KABAR BIREUEN-Walaupun masih dalam masa pandemic covid-19 tetapi Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru yang dimulai 1 Maret 2021dan ditutup Juli 2021.

Salah seorang panitia pendaftaran mahasiswa baru (SPMB) Umuslim Jamaluddin, SE.,MSi, pendaftaran dibuka secara langsung dan juga secara online sudah membuka pendaftarannya.

“Walaupun tahun ini karena pandemi Covid19 berbeda dengan tahun sebelumnya, namun kegiatan proses pendaftaran tetap kita buka dengan tetap mengikuti protkes covid,” ujar Jamaluddin.

Rektor Umuslim Dr.Marwan, MPd melalui Kabag Humas Zulkifli, M.Kom menyebutkan, untuk tahun ini Universitas Almuslim akan menerima 1500 calon mahasiswa. Disesuaikan kapasitas ruangan yang harus mengikuti aturan protkes covid-19.

Selain itu juga tahun ini proses belajar mengajar umuslim disamping secara tatap muka juga daring bergabung dengan sejumlah perguruan tinggi lain se-Indonesia melalui program Permata Sakti.

“Jadi nantinya mahasiswa umuslim akan mengikuti kuliah bersama dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Nantinya calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar langsung diarahkan mendaftar sebagai penerima beasiswa KIP kuliah.

Kabag Humas Zulkifli,M.Kom, merincikan daftar fakultas dan prodi di Umuslim yang akan menerima mahasiswa baru, enam Fakultas , satu Diploma III dan 25 Program Studi dengan rincian Fakultas Pertanian (6 Program studi), FKIP (9 Prodi), Fakultas Teknik ( 3 Prodi), Fisipol (3 Prodi), Fakultas Ekonomi (1 Prodi) , Fikom (2 Prodi) dan Diploma III Kebidanan (1 prodi).

Dari enam fakultas, satu diploma dengan 25 program studi, rata-rata akreditasi B (Baik sekali) dan satu prodi akreditasi A (Unggul) yaitu prodi PGSD, ada beberapa prodi baru dibuka masih terakreditasi Baik. (Ihkwati)