KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kembali melaksakanakan Program Praktek Lapangan Kuliah Kerja Mahasiswa (PPL-KKM) angkatan VI ke sejumlah provinsi di Thailand Selatan.

Sebelumnya, Umuslim telah sukses mengirimkan tiga angkatan mahasiswanya ke sana.

Hal itu disampaiakan  Direktur Hubungan Internasional Umuslim Drs.Nurdin Abdurahman,MSi  pada acara pelepasan lima mahasiswa yang akan berangkatkan ke Thailand tahun ini di ruang rapat Ampon Chiek Peusangan kampus Umuslim, Kamis (21/6/2018).

Menurut Nurdin AR, pengiriman kembali mahasiswa umuslim ke Thailand setelah pihaknya menerima surat dari badan alumni Internasional Thailand beberapa waktu lalu.

“Angkatan ini, Umuslim mengirimkan 5 orang mahasiswanya dan akan mengabdi di sejumlah sekolah dan pesantren di daerah Thailand Selatan,” kata Nurdin AR.

Zulkifli,M.Kom mengutip penjelasan Direktur Hubungan Internasional Umuslim Drs.Nurdin, AR, MSi menyebutkan, peserta dari Umuslim akan bergabung dengan 40 mahasiswa lain dari 15 perguruan tinggi seluruh indonesia di Kuala Lumpur Malaysia, dari Aceh ada dua universitas yang diundang.

“Untuk angkatan ini mereka akan ditempatkan di tiga Provinsi yaitu Yala, Naraswat dan Pattani, mereka berangkat Jumat (22/6/2018) melalui bandara Sultan Iskandar Muda via Kuala lumpur selanjutnya dijemput panitia melalui jalan darat mereka diberangkatkan langsung ke Pattani,” jelas Zulkifli.

Sementara itu, Wakil Rektor III  Umuslim Ir.H.Saiful Hurry,MSi  saat melepas keberangkatan menyampaikan, kepercayaan yang diberikan untuk umuslim ini berdasarkan  penilaian tim.

Dimana, sebutnya, mahasiswa  Umuslim telah tiga angkatan dikirim ke Thailand Selatan dianggap sukses  melakukan pengabdian, di  sejumlah lembaga pendidikan dan pesantren yang ada di berbagai  provinsi di Thailand Selatan.

“Mereka  telah membawa nama baik kampus dan daerah,  menjalankan amanah dengan sukses, sehingga Thailand meminta Umuslim untuk mengirimkan kembali mahasiswa  pada  tahap ini,”  ungkap Saiful Hurry.

Kepada peserta yang berangkat agar menjaga nama baik almamater daerah dan negara, harus berdisiplin, taat aturan dan melaksanakan pengabdian sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Karena angkatan sebelumnya telah berhasil menoreh nama baik umuslim di Thailand bahkan ada dua orang peserta angkatan yang lalu sudah dipanggil untuk dikontrak menjadi guru selama dua tahun di Thailand.

Untuk angkatan ini peserta berasal dari mahasiswa fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), karena program pengabdian yang telah dirancang, mahasiswa akan melakukan pengabdian di sejumlah pesantren dan sekolah bording school selama 3 bulan di Thailand Selatan.

Acara penglepasan sekaligus temu ramah dengan peserta, orang tua wali dilakukan Rektor Umuslim diwakili Wakil Rektor III Ir.H.Saiful Hurry,MSi.

Turut hadir saat pelepasan tersebut kepala Bapel KKM dan bapel PPL para dekan, dosen dalam lingkup umuslim dan orang tua/wali mahasiswa peserta ke Thailand.

Adapun nama peserta yaitu Muyassir, Maulina Akhyar, Silmi Hajriani, Rauzatul Jannah (FKIP Bahasa Inggris) dan Nurhaiyu (FKIP Matematika). (REL)

BAGIKAN