KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen kembali melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Syiah kuala (Unsyiah) Banda Aceh, dalam rangka memperkuat peningkatan kualitas sumber daya.

Penandatanganan tersebut dilakukan  Rektor Umuslim Dr.Marwan Hamid,MPd dan Rektor Unsyiah) Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal,M.Eng, di kampus Unsyiah Darusalam Banda Aceh, Selasa (29/12/2020) pagi.

Dalam pertemuan berlangsung penuh kekeluargaan, Rektor Umuslim Marwan Hamid menyampaiakan, kondisi dan berbagai kampus yang berada di Peusangan tersebut, menurutnya umuslim saat ini sebagian besar prodi telah terakreditasi B dan ada satu prodi sudah terakreditasi A yaitu PGSD.

Sekarang Umuslim telah mengusulkan untuk membuka empat program S2 (magister) dan 1 program profesi kebidanan (S1) melalui MoU ini berharap dukungan kerjasama di banyak bidang dalam skup Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Khususnya  bantuan Sumber Daya Manusia (SDM) dari kampus jantong hate masyarakat Aceh untuk penguatan rencana pembukaan program S2 di Umuslim,” ujar Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim Zulkifli, M.Kom mengutip peryataan Rektor Umuslim Dr.Marwan Hamid, MPd.

Pada kesempatan tersebut Rektor Unsyiah, Samsul Rizal menyebutkan, pada prinsipnya menyambut baik dan Unsyiah sangat mendukung kerjasama ini.

“Apabila dalam waktu dekat diadakan kuliah tatap muka dan maka Unsyiah siap melakukan swab gratis yang dilakukan secara random pada mahasiswa dan dosen di Umuslim dan kita harapkan Pemerintah Aceh mau mendanai,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut juga disepakati  beberapa hal  antara lain, unsyiah siap menerima dua  mahasiswa Umuslim per prodi untuk kuliah  di Unsyiah secara gratis selama 2 semester, juga Unsyiah mendukung pelaksanaan KKM Tematik bersama 2021 di Kabupaten Bireuen.

Selain itu  umsyiah juga siap membantu membimbing penulisan dan penelitian ilmiah dosen universitas almuslim, serta program pengembangan praktek mahasiswa dalam rangka mendukung program kampus merdeka, merdeka belajar yang dicanangkan Kemendikbud.

“Usai  pertemuan di kampus Universitas Unsyiah,  Rektor Umuslim melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Abulyatama (Unaya) dengan kampus milik pengusaha H.Rusli Bintang di Lampoh keude Aceh Besar,” jelas Zulkifli.(Ihkwati)