KABAR BIREUEN-Untuk memastikan kondisi pasar ikan Kecamatan Kuala yang baru difungsikan, Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A. Gani SH, M. Si, didamping Anggota DPRK Bireuen dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Usman, Abdullah Amin dari PPP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Ibrahim Ahmad, M. Si, Kepala Dinas Penanaman Modal Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Bireuen, Ir Ali Basyah, M.Si, Selasa (1/9/2020) meninjau pasar tersebut.

Kehadiran Bupati Bireuen beserta rombongan disambut oleh Camat Kuala Musni Syahputra, Unsur Forkopimcam setempat, pengurus dan anggota PKK Kecamatan setempat, para mukim dan beberapa keuchik gampong dalam kecamatan setempat.

Disela-sela kegiatan Bupati Muzakkar A. Gani kepada wartawan mengatakan, peninjauan tersebut dalam rangka melihat dan memantau secara langsung aktivitas pedagang di pasar tersebut yang baru difungsikan.

“Selain itu, kita juga menglihat kondisi fisik pasar tersebut yang sudah lama tidak ditempatkan, sehingga terbengkalai tanpa perawatan,” sebut Muzakkar.

Muzakkar merincikan, ada beberapa akses di dalam pasar, kondisinya sudah rusak (keropos) harus direnovasi, kemudian jalan akses menuju ke pasar harus diaspal.

Menurutnya, kondisi pasar perlu menjadi perhatian, karena pasar memiliki peranan penting sebagai penggerak perekonomian.

“Apalagi rata-rata para pedagang berasal dari masyarakat Kecamatan Kuala,” kata Bupati Bireuen ini.

Bupati berharap dengan berfungsinya pasar ini, perekonomian warga, khususnya warga Kecamatan Kuala, semangkin meningkat.

Sementara itu, Kadisperindagkop dan UKM Bireuen, Ir Alie Basyah M. Si mengatakan, selain merenovasi pasar tersebut, di area tersebut kita akan membangun baru beberapa sarana, yaitu tempat untuk berjualan sayur dan bumbu-bumbu kebutuhan memasak.

Kemudian membangun mushala tempat beribadah dan pengaspalan jalan sehingga dapat memperlancar arus dalam pasar bagi pedagang serta pembeli.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk kebutuhan tersebut berkisar Rp3,5 miliyar, ” sebut Ali Basyah.

Anggota DPRK Bireuen dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Usman Sulaiman kepada Kabar Bireuen mengatakan, dirinya merasa bersyukur dengan berfungsikan pasar ikan ini sebagai sarana untuk aktivitas jual-beli.

“Ini adalah salah satu niat saya setelah dilantik menjadi anggota DPRK Bireuen, mengfungsikan pasar ini sebagai salah satu sarana pengerak perekonomian di Kecamatan Kuala, yang sudah bertahun-tahun terbengkalai,” jelasnya.

Menurutnya, setelah dirinya dilantik, berbagai upaya dan terobosan dilakukan, dengan tujuan pasar Kecamatan Kuala ini difungsikan.

“Alhamdulillah berkat dukungan dan kerja keras semua pihak diantaranya Kadisperindagkop dan UKM Bireuen Alie Basyah, Camat Kuala yang lama Mirza Fahmi, Camat Kula yang sekarang ini, Musni Syahputra unsur Forkopimcam setempat, sehingga pasar ini telah berfungsi seperti yang diharapkan,” jelas Ketua DPC PKB Bireuen ini.

Pada kunjungan itu, Bupati juga berdialog dengan beberapa pedagang ikan, di pasar setempat. (Herman Suesilo).

BAGIKAN