KABAR BIREUEN – Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid 19 Bireuen Kamis (7/8/2020) turun ke Desa Sagoe dan Desa Cot Rabo Tunong Kecamatan Peusangan melakukan traking atau pelacakan dan pendataan keluarga mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Pelacakan dan pendataan anggota keluarga Irwandi Yusuf dilakukan karena yang pernah berinteraksi dengan isterinya Darwati A Gani  dan seluruh anggota kelaurga yang tinggal dikawasan Lampriek Banda Aceh dikabarkan positif terinfeksi corona.

Kadis Kesehatan Buireuen dr Irwan A Gani mengatakan, setelah mendapat kabar bahwa Darwati positif covid 19 pada Rabu (5/8/2020) petang, pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim gugus tugas Kabupaten Peusangan agar dilakukan pelacakan dan pendataan terhadap keluarga Irwandi di Desa Sagoe.

Langkah itu, kata dr Irwan dilakukan karena menurut informasi  yang diterima bahwa beberapa waktu lalu Darwati pernah pulang ke tempat kelurganya di Desa Sagoe dan Desa Cot Rabo Tunong. 

Pada Kamis (6/8/2020), tim medis dari Puskesmas Cot Iju  yang beranggota lima orang didampingi seorang anggota TNI dari Koramil Peusangan langsung turun ke desa Sagou dan Desa Cot Rabo Tunong untuk melacak dan mendata orang-orang anggota keluarga Irwandi yang pernah berinteraksi erat dengan Darwati.

Menurut dr Irwan, tim tersebut dipimpin Kepala Puskesmas Cot Ijue, Mahdi M Kes.  Setelah proses tracking Kamis sore ada 12 orang anggota keluarga Irwandi di Desa Sagor dan Cot Rabo Tunong pernah melakukan interaksi erat dengan Darwati.

Terhadap orang-orang yang belum dilakukan tes swab karena pihaknya masih menunggu hasil koordinasi dengan anggota keluarga Irwandi di Bireuen dan yang tinggal di Banda Aceh.

“Setelah ada hasil itu baru dilakukan langkah selanjutnya, jika ada orang-orang yang pernah berinsteraksi dengan Darwati namun belum terdata oleh tim yang turun ke Desa Sagoe dan Cot Rabo Tunong. Kita minta mereka untuk segera melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” sebut dr Irwan.

Untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 di Bireuen, diharapkan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan utama. (H.AR Djuli)

BAGIKAN