KABAR BIREUEN-Dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab setempat menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020.

Kegiatan dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” berlangsung di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Selasa (10/11/2020) pagi, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Pada upacara itu Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani,SH.M.Si bertindak selaku inspektur upacara (Irup). Komandan Upacara Kapten Inf Adi Boy dan Kapten Inf Agus bertindak sebagai Perwira Upacara.

Sementara itu, teks Pancasila dibacakan oleh irup Dr H Muzakkar A Gani,SH.M.Si, teks UUD 45 dibacakan oleh, Ayu Anatul Ramadhan M. Si. dan Pesan-Pesan Pahlawan oleh Ketua DPC LVRI Bireuen AR. Djoeli

Hadir dalam upacara ini, antara lain Anggota DPRK Bireuen, unsur Forkopimda Bireuen, Sekretaris Daerah Bireuen, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kemudian, Kepala Instansi Vertikal, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, dan peserta upacara.

Muzakkar A Gani selaku irup membacakan pidato sambutan tertulis Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Juliari Peter Batubara.

Dalam sambutan tertulis itu, Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani,SH.M.Si, menyampaikan, bahwa Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja.

Namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

Oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawan Sepanjang Masa”.

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid 19 yang saat ini melanda dunia,” bacanya.

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Soekarno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini,” harapnya.  (Herman Suesilo)

BAGIKAN