KABAR BIREUEN – Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA) beserta Asia Mart Center menggelar bazaar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di halaman Asia Mart Center, Pango Raya, Banda Aceh, Sabtu, 5 Desember 2020.

Kegiatan kali ini menampilkan bazaar kuliner, pameran aneka produk UMKM, berbagi taste berkah, kupon diskon belanja, doorprize serta penyerahan bantuan modal kerja oleh Wali Kota Banda Aceh.

Presiden ASIA yang juga Direktur Asia Mart Center, T Dhahrul Bawadi, kepada media ini mengatakan, tujuan diadakan kegiatan untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Mengingat, di Kota Banda Aceh sudah banyak produk-produk UMKM, namun masih kurang promosi dan pemasaran.

“Hari ini ada sekitar 60 produk, mungkin minggu depan lebih banyak lagi produk-produk yang kita tampilkan. Kita rencanakan bazaar ini dalam sebulan ada empat kali. Kadang dalam sebulan dua kali,” jelasnya.

Menurut Bawadi, peserta yang mengikuti pameran ini, produk-produk mereka sudah masuk dalam Asia Mart Center. Sementara untuk pengusaha ikan hias, dilibatkan dalam even pameran.

“Ke depan kita tetap gelar bazaar produk UMKM yang diperuntukkan untuk umum, kita undang melalui medsos. Saat ini ada 750 item produk UMKM, sebanyak 80 persen merupakan produk dari Banda Aceh,” ungkap Bawadi.

Dia berharap kepada pemerintah, bisa membantu memberikan pelatihan khusus tentang cara mempromosikan produk UMKM. Selain itu, juga mengupayakan SKPK dan seluruh jajaran instansi pemerintah, diarahkan untuk berbelanja saat bazaar in dan di Asia Mart.

“Untuk kawan-kawan UMKM, ke depan saya berharap lebih kompak lagi. Kita harus bersatu. Insya Allah permasalahan yang ada bisa kita hadapi bersama, sehingga mencapai kesuksesan itu akan cepat diperoleh,” demikian disampaikan pengusaha kopi ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh, M Nurdin, S.Sos.

Kegiatan Bazaar Produk UMKM ini akan dilaksanakan dua hingga empat kali setiap bulan di halaman toko UMKM Asia Mart Center di Jalan Prof Ali Hasyimi No. 889-891, Pango Raya, Banda Aceh.

 

Wira