KABAR BIREUEN – Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar SSos alias Ceulangiek menggelar silaturahmi dengan masyarakat Kemukiman Geulumpang Tujoh, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Acara silaturahmi tersebut berlangsung di Gampong Tanjong Paya, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Jumat (28/8/2020).

Turut hadir pada acara yang digagas politikus Partai Aceh (PA) itu, Kadis PUPR yang diwakili Kabid Pengairan, Maimun ST, Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Almutaqin SPd MPd, Kadis Pendidikan Dayah, Muhammad Diah SAg, Kabid Pembinaan SD Dinas P dan K, Alfian SPd MPd, Camat Peusangan Ibrahim SSos, Imum Mukim Geulumpang Tujoh dan Imum Mukim Matang Geulumpang Baro.

Pada acara itu warga berkesempatan menyampaikan aspirasinya kepada Ceulangiek yang telah dipilih oleh masyarakat Dapil 2, meliputi Kecamatan Peusangan, Kecamatan Peusangan Selatan, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dan Kecamatan Jangka.

Selain warga yang meminta dilanjutkan beberapa pembangunan di gampong masing masing, juga menggema suara minta ditingkatkan status Puskesmas Peusangan supaya menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Pantauan Kabar Bireuen, acara silaturahmi itu diawali makan siang dengan menu gulai kambing. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Keuchik Tanjong Paya, Subarni Jailani.

Dihadapan sekitar 200 peserta acara itu, Keuchik Tanjong Paya, Subarni Jailani mengaku dirinya bangga atas dilangsungkan acara Silaturahmi Ketua DPRK Bireuen dan sejumlah kepala SKPK dengan masyarakat dari 8 gampong dari Kemukiman Geulumpang Tujoh di desanya.

“Harapan kami apa yang disampaikan melalui acara Silaturahmi ini hendaknya dapat direalisasikan,” harapnya.

Sementara Camat Peusangan, Ibrahim, SSos mengatakan, agar segera ditingkatkan Puskesmas Peusangan di Blang Asan menjadi Rumah Sakit tipe D.

Sebut Camat Ibrahim dengan ditingkatkan status Puskesmas Peusangan menjadi Rumah Sakit Tipe D, maka pelayanan kesehatan untuk masyarakat Peusangan dan juga bagi warga dari wilayah Timur Kabupaten Bireuen akan semakin dekat untuk dijangkau.

Selain dapat mendekatkan pelayanan kesehatan warga yang ada di bagian timur kabupaten, ditingkatkannya status Puskesmas Peusangan menjadi Rumah Sakit tipe D itu juga akan memperbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bireuen.

Begitu pula Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar SSos. Politikus dari Partai Aceh (PA) itu selain menampung aspirasi masyarakat dari 8 desa dalam wilayah Kemukiman Geulumpang Tujoh juga mengomentari rencana peningkatan status Puskesmas Peusangan.

Sebut Ketua DPRK Bireuen itu, warga Kecamatan Peusangan, khususnya masyarakat Gampong (Desa) Blang Asan hendaknya jangan termakan dengan isu penolakan rumah sakit tipe D di Desa Blang Asan.

“Masyarakat jangan sampai menolak karena terpengaruh dengan isu yang keliru tentang peningkatan status Puskesmas Peusangan menjadi Rumah Sakit Tipe D,” harap politikus yang juga mantan kombatan.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Bireuen, Almutaqin SPd MPd menilai warga Desa Tanjong Paya telah memiliki usaha kreatif. Seperti memproduk bubuk kopi, bukan saja mutu kopi tapi sudah ada kemasan yang bagus.

“Kreatif seperti ini yang langka kita temukan. Kami berjanji akan melakukan pembinaan dan mempromosi produk pemuda yang kreatif,” ujarnya.

Menanggapi usulan Camat Peusangan agar sarana olahraga, yaitu lapangan bola kaki yang ada di Gampong Blang Asan ditingkatkan fasilitasnya untuk menjadi stadion, Almutaqin mengatakan dengan dana kabupaten Bireuen tidak mungkin dibangun, sebab fasilitas olahraga dengan anggaran 5 milyar ke atas harus dibiayai dana APBN.

“Kalau dana sebesar itu menggunakan anggaran kabupaten Bireuen tidak akan selesai, dan akan berdampak pada pembangunan infrastruktur lain seperti jalan. Makanya kami mengusulkan ke Kementerian Olahraga. Mudah mudahan tahun depan ada eksekusi sebagian,” pungkas Kadis Porapar Almutaqin. (Rizanur)

BAGIKAN