KABAR BIREUEN – Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Dapil Aceh II, Drs H. Anwar Idris, gelar sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Acara sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut dilaksanakan di Aula Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, di jalan Banda Aceh – Medan, Desa Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh, Rabu (17/3/2021)

Sosialisasi ini hanya dihadiri 70 peserta dari unsur masyarakat, pemuda, mahasiswa. Selain itu, juga hadir perwakilan pengurus DPC PPP beserta PAC PPP Kabupaten Bireuen.

Peserta yang datang ke lokasi sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan protokol kesehatan ketat. Selain diwajibkan jaga jarak, peserta yang hadir juga diwajibkan menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Dalam kesempatan itu, Anwar Idris yang dua periode terpilih sebagai anggota DPR-RI, berharap mahasiswa dan pemuda dapat menjadi garda terdepan penjaga pilar kebangsaan.

“Pemuda dan mahasiswa harus menjadi garda terdepan untuk mengamalkan 4 pilar kebangsaan,” tuturnya.

Negara Indonesia, sebut politikus senior yang juga Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan ini, dapat berdiri tegak karena adanya 4 pilar kebangsaan yang merupakan bagian dari kesepakatan para ulama terdahulu.

“Kita ini terdiri dari berbagai suku bangsa. Bukan untuk terpecah belah, tapi untuk bersatu membangun negeri. Ingat Pancasila, Undang undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika menjadi bagian dari pilar bangsa ini,” kata anggota Komisi VII DPR RI ini.

Wakil Ketua DPRK Bireuen periode 2004-2009 ini mengingatkan kepada peserta agar mengamalkan 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Empat pilar kebangsaan ini tidak hanya menjadi teori saja, namun harus diterapkan di kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Selanjutnya ia mengajak generasi milenial untuk terus berkaya. Jangan sampai berbagai kekayaan di Indonesia dikuasai oleh asing.

“Mari kita wujudkan keadilan, kemakmuran dengan mempertahankan kedaulatan dan persatuan negeri ini,” sebutnya.

Dalam sosiaalisasi empat pilar bermaterikan Pancasla, UUD 1945, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika itu, Anwar Idris juga mengimbau kepada warga untuk menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus COVID-19.

“Semua harus disiplin menjaga kesehatan terutama pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Semoga kita semua bisa melewati masa pandemi ini. Kita harus mencegah korban bertambah. Ini bukan tugas pemerintah atau satgas tapi tugas kita bersama,” ujar politikus yang peduli pendidikan lewat perjuangan program ratusan beasiswa bidikmisi setiap tahun.

Terakhir, Anwar Idris mengingatkan agar warga untuk mempertahankan ketahanan ekonomi di tengah masa pandemi COVID-19.

“Caranya, menghidupkan lagi usaha-usaha kecil. UMKM harus tetap dipertahankan dan eksis, agar ketahanan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 dapat menjadi andalan masyarakat,” pungkasnya. (Rizanur)