KABAR BIREUEN – Siswa dan guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muhammadiyah Boarding School Bireuen (SMP IT MUHBIR) melaksanakan SITPALA (Sekolah Islam Terpadu Pecinta Alam) untuk pertama kalinya, yaitu hiking (mendaki) gunung Burni Telong, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu – Minggu (20-21/2/2021)

Kepala SMP IT Muhammadiyah Bireuen, Ustadz Hanif SPdI kepada Kabar Bireuen, Senin (22/2/2021) mengatakan, tujuan hiking tersebut, untuk memperkenalkan siswa akan pentingnya pelestarian alam serta mengenal pengetahuan tentang alam Indonesia yang kaya akan flaura dan fauna.

“Kegiatan ini dengan mengedepankan kerjasama, rasa peduli, kedisiplinan dan melatih fisik siswa serta mentadaburi ciptaan Allah Yang Maha Agung,” sebut Ustadz Hanif.

Dikatakannya, hiking merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh siswa SMP IT Muhammadiyah Bireuen yang telah menduduki kelas VIII atau leting ke dua.

“Setiap siswa hanya diwajibkan sekali selama menjadi siswa SMP IT Muhammadiyah Bireuen dan atas izin orang tua,” jelasnya.

Kepala SMP IT Muhbir ini menambahkan, sebelum memulai pendakian, selama seminggu terakhir siswa akan mendapatkan bimbingan latihan fisik.

“Dan setiap siswa yang mengikuti kegiatan ini diwajibkan menyetor hafalan Al-Quran masing – masing dua surat Juzz 29,” tambahnya.

Jumlah siswa dan guru yang ikut hiking itu, sebut Hanif, 28 orang. Para pendaki itu berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih dan Bendera Muhammadiyah di puncak gunung Burni Telong pada ketinggian 2.624 mdpl pada Sabtu (20/2/2021)

Hanif juga berharap kegiatan tersebut akan terus berlanjut untuk periode-periode berikutnya dan siswa di SMP IT MUHBIR semakin disiplin, peduli sesama, peduli akan alam lingkungan sekitar dan dipenuhi rasa syukur. (Rizanur)