KABAR BIREUEN – Sebanyak 40 siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Peusangan, Kabupaten Bireuen, mengikuti Sertifikasi Kompetensi Kerja Bidang Multimedia dan Tata Busana.

Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Siswa SMKN 1 Peusangan selama empat hari, Senin – Kamis (24-28/5/2021), diselenggarakan di sekolah kejuruan tersebut di Desa Gampong Raya Dagang, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1) SMKN 1 Peusangan, Muharni, S.Pd yang ditemui Kabar Bireuen, Senin (24/5/2021), menyebutkan, Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) untuk siswa SMKN 1 Peusangan ini, dibiayai oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Yang kami ajukan (PSKK) ke BNSP tiga paket, namun direalisasikan dua paket, yaitu Bidang Multimedia dan Tata Busana,” sebutnya.

Menurut Muharni, PSKK bagi siswa sekolah kejuruan adalah program Pemerintah Pusat. BNSP menunjuk LSP-P1 SMKN 1 Peusangan sebagai Assesor PSKK Tahun 2021.

“Setelah siswa yang mengikuti PSKK ini lulus, nantinya akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP. Sertifikat itu sangat bermanfaat saat mereka melamar kerja,” terang Muharni yang juga Ketua Keahlian Perkantoran pada SMKN 1 Peusangan.

Kata dia lagi, SMK Negeri 1 Peusangan merupakan salah satu dari lima SMK di Aceh yang mendapatkan bantuan program PSKK Tahun 2021.

Sementara Kepala SMKN 1 Peusangan, Muhammad Yusuf, S.Pd, menambahkan, sekolah yang dipimpinnya itu sekarang memiliki 827 siswa dari lima Bidang Kompetensi/Keahlian.

BACA JUGA: Penerimaan Siswa Baru di SMKN 1 Peusangan, Ini Pilihan Lima Bidang Keahlian

Terkait dengan PSKK di SMKN 1 Peusangan, menurut Muhammad Yusuf, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Tidak terkecuali, baik peserta maupun assesor, harus mengikuti prokes,” tegasnya. (Rizanur /*)