KABAR BIREUEN – Setelah sukses mengelar Workshop Kurikulum Magister Prodi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kembali melanjutkan workshop untuk Magister Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Acara tersebut dilaksanakan di gedung Pascasarjana Kampus Ampon Chiek Peusangan, berlangsung  secara daring dan luring, dengan mengundang stakeholder, dosen tetap dan calon mahasiswa. Workshop ini berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (15-16/7/2021).

Workshop  yang dibuka  Rektor Umuslim Dr. Marwan, M.Pd, menghadirkan narasumber Prof Zamroni, P.hD guru besar Universitas Negeri Yogyakarta dan  Prof. Nana Supriatna, M.Ed, Ketua Asosiasi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Marwan, MPd mengharapkan, agar workshop ini bisa memberikan kontribusi dan manfaat besar bagi pengembangan dan kemajuan kurikulum magister IPS dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Menurut Marwan, pihaknya sangat bersyukur atas kemajuan yang dicapai program magister di Umuslim. Walau baru dibuka, sudah ada mahasiswa yang mendaftar.

“Alhamdulillah, saat ini calon mahasiswa yang sudah mendaftar sebanyak 30 orang. Sudah ada satu lokal,” jelas Marwan, seperti disampaikan Kabag Humas, Zulkifli, M.Kom.

Sementara Direktur Pascasarjana Umuslim, Dr. Cut Azizah, MT, mengatakan, tujuan pelaksanaan workshop untuk menyusun dan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kompetensi keilmuan.

Menurutnya, Prodi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Umuslim sudah mendapatkan izin dari Kemendikbud RI, tertanggal 26 April lalu dengan nomor SK  212/E/O/2021, tentang pembukaan Prodi Pendidikan IPS program magister pada Universitas Almuslim.

Informasi Kabag Humas, Zulkifli, M.Kom, program pascasarjana Umuslim, menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi untuk dua prodi magister, yaitu Prodi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan lingkungan (PSL) dan Prodi Magister Pendidikan IPS.

Workshop Magister Prodi Pendidikan IPS turut hadir sejumlah stakeholder antara lain kepala Bappeda Kabupaten Bireuen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen, sejumlah kepala sekolah dari Kabupaten Bireuen dan juga dari Kabupaten Aceh Utara. (Rel)