KABAR BIREUEN-Calon Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan yang telah mendaftar dan telah diverifikasi administrasi oleh panitia diserahkan kepada Yayasan Almuslim Peusangan.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua Panitia Pemilihan, Dra.Zahara, MPd dan diterima langsung Ketua Yayasan Almuslim Peusangan, H Yusri Abdullah S.Sos, berlangsung diruang rapat kampus induk Umuslim, Senin (02/10/2020).

Berkas calon yang diserahkan, semua calon rektor yang mendaftar baik yang memenuhi persyaratan maupun yang tidak memenuhi persyaratan administrasi.

Seperti diketahui ada tiga orang yang mendaftar,setelah diverifikasi panitia, teryata dua orang tidak memenuhi persyaratan seperti ditentukan, hanya satu orang yang memenuhi persyaratan.

Dalam sambutanya ketua panitia pemilihan Zahara mengatakan, dalam masa tahapan penjaringan calon rektor Umuslim yang baru, kami panitia menerima tiga calon rektor mendaftar, sudah melakukan verifikasi berkas tiga calon sesuai syarat ditetapkan dan amanah statuta.

“Tiga calon mendaftar Dr Marwan Hamid MPd, DR Halus Satriawan, S.P, M.Si serta DR H Hambali SE MPd, hasil verifikasi ada satu calon yaitu Dr Marwan Hamid MPd yang dinyatakan berkasnya lengkap secara administrasi dan dua peserta tidak memenuhi syarat,” ungkap Zahara.

Zahara juga mengatakan, untuk selanjutnya berkas administrasi calon lulus dan tidak lulus verifikasi administrasi diserahkan sebagai laporan kepada yayasan Almuslim untuk mendapat pengesahan dan rekomendasi untuk proses tahapan selanjutnya.

“Panitia telah melaksanakan tahapan demi tahapan sesuai ketentuan dan bekerja penuh kejujuran dan tanggung jawab tanpa memihak kepada calon manapun,” ungkap Zahara.

Sementara itu, Ketua Yayasan Almuslim Peusangan, H Yusri Abdullah S.Sos, menyampaikan, dalam rapat perdana ini, sudah diserahkan berkas calon Rektor baru Umuslim dari ketua panitia.

Selanjutnya pengurus yayasan akan meneliti dan melihat kelengkapan administrasi sesuai tahapan perekrutan calon rektor, sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan panitia yang berpedoman sesuai statuta.

“Karena hanya satu orang calon yang lulus verifikasi administrasi, kita akan melihat bagaimana ketentuan dalam statuta untuk tahapan selanjutnya,” jelas Yusri Abdullah.

Pengurus dan pengawas yayasan akan melihat hasil verifikasi dengan sebenar-benarnya dan jika hasilnya sudah benar dan memenuhi syarat, dilanjutkan kepada pembina yayasan untuk mendapat pengesahan.

Menurut Yusri Abdullah, setelah penetapan, selanjutnya deserahkan keapda panitia untuk dilanjutkan pada tahapan pemilihan dalam forum rapat senat universitas.

Penyerahan berkas hasil penjaringan calon disaksikan Pembina Yayasan Almuslim Peusangan, Drs Anwar Idris.

Ketua Pengawas Yayasan Almuslim, Tgk.Kafrawi SAg, sejumlah pengurus yayasan, Ketua Senat Universitas Almuslim, Ir Zahrul Fuadi MSi, dan unsur panitia pemilihan. (Ihkwati)

BAGIKAN