KABAR BIREUEN – Anggota DPR RI Fraksi PKB H. Ruslan M. Daud (HRD) menyerahkan bantuan sekitar 10 ribu paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bantuan kebutuhan hidup tersebut diserahkan HRD secara simbolis kepada perwakilan masyarakat di dalam Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh II di kediamannya, Komplek Meuligo Residence, Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Selasa (21/4/2020).

Setelah penyerahan sembako, HRD yang didampingi Anggota DPRK Bireuen, Usman Sulaiman yang juga Ketua DPC PKB Bireuen, menyebutkan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan semata. Namun, kondisi tersebut juga berakibat fatal terhadap situasi perekonomian Indonesia, termasuk di Aceh.

“Pertama, saya mengucapkan apresiasi besar bagi relawan yang bernaung di bawah Posko Covid-19 Rumah Aspirasi HRD. Selain itu, saya juga mengapresiasi kerjasama yang baik antara DPC PKB dan PCNU Bireuen dalam membantu pendataan dan pendistribusian bantuan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19,” ucap HRD.

Dia menyebutkan, sejak wabah Covid-19 ini menyerang Indonesia, khususnya Aceh, kondisi ekonomi masyarakat semakin terpuruk. Daya beli mereka terus menurun dan cadangan pangan rumah tangga terus berkurang.

Hal ini, disebabkan rendahnya produktivitas masyarakat, akibat pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk itu, menurut politisi PKB ini, dibutuhkan usaha kolektif untuk menanggulangi dampak ekonomi yang semakin parah, akibat pendemi Covid-19.

Secara khusus, HRD menyorot dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat kelas menengah ke bawah, seperti pekerja di sektor informal.

Disebutkan HRD, Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin, sering mengingatkan, sebagai politisi dan tokoh masyarakat, pihaknya dituntut untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Terutama, bagi kaum musthadh’afin (masyarakat lemah), terlebih lagi dalam situasi sulit seperti ini.

“Gus Muhaimin sering mengingatkan bahwa kehadiran kami di tengah masyarakat adalah baagian dari bentuk kehadiran negara. Dan inilah cita-cita PKB yang selalu berupaya untuk hadir bersama kaum musthadha’afin dalam segala situasi,” ungkap HRD.

Bupati Bireuen periode 2012 – 2017 tersebut menyampaikan, pembagian paket sembako ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi PKB untuk selalu hadir dalam setiap persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Sebab, PKB lahir dari rahim ulama untuk rakyat,” jelas HRD.

Politisi yang dikenal dekat dengan ulama ini juga menerangkan, Cak Imin selaku Ketua Umum DPP PKB, selalu mengingatkan dirinya dan juga seluruh anggota DPR RI beserta pengurus dan Kader PKB lainnya, untuk selalu berikhtiar membantu masyarakat dalam situasi apapun. Apalagi dalam suasana sulit saat ini, seluruh kader PKB harus terlibat aktif membantu masyarakat.

HRD berharap, masyarakat kecil yang kehilangan mata pencahariannya, dapat diselamatkan. Sehingga, tidak menjadi problem sosial di kemudian hari.

“Ini penting dan harus menjadi perhatian serius semua pihak, terutama pemerintah di semua tingkatan. Khusus di Bireuen, kita imbau agar pemerintah segera menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, mengingat hari meugang sudah di depan mata,” tandas HRD.

Selain itu, Anggota Komisi V DPR RI ini juga mengajak pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang sudah menyediakan anggaran untuk bantuan sembako, agar segera merealisasikannya kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Apalagi Aceh yang memiliki tradisi meugang, dalam setiap penyambutan dan penglepasan bulan Ramadhan, tentunya paket sembako sangat dibutuhkan masyarakat.

“Saya sangat yakin bahwa program pemberian sembako sangat dinantikan oleh masyarakat. Apalagi meugang sudah di depan mata,” kembali HRD mengulangi kalimat yang sama, sebagai bentuk penegasan darinya.

HRD juga mengajak para dermawan untuk turun tangan mengurangi beban hidup masyarakat miskin. Harus sama-sama ikut membantu mereka sebisa mungkin, sesuai kapasitas masing-masing. (Suryadi)

 

BAGIKAN